Perspektif Guru Pada Siswa dengan Gangguan Sosial Emosional di Sekolah

  • Gumgum Gumilar Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Widartiningsih Widartiningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eti Endang Kusmiati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Minsih Minsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Choiriyah Widiastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Sosial emosional, Sekolah dasar

Abstract

Pendidikan memaikan peran sentral dalam membentuk karakter dan kesiapan individu menghadapi tantangan hidup. Fokus pendidikan adalah menciptakan siswa berkualitas dan berkarakter, khususnya dalam aspek perkembangan sosial emosional. studi ini mengidentifikasi siswa gangguan sosial emosional sebagai kelompok yang memerlukan perhatian khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif guru terhadap siswa dengan gangguan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif guru terhadap siswa dengan gangguan emosional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di SD Negeri sape 03 Mojolaban. Teknik Purposive sampling digunakan untuk memilih guru sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gangguan sosial emosional menghadapi tantangan dalam interaksi sosial, pengelolaan emosi, dan adaptasi terhadap lingkungan,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak.
Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74.
Dhalu, M. A., & Anrada, A. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Tidak Tercapai pada
Siswa Kelas 1 di SD Jaranan, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Buana Pendidikan: Jurnal
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 15(28), 128-144.
Fitriana, W. N. P., Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode
Bercerita Story Reading terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 262-
280.
Kulsum, U., Witurachmi, S., & Muchsini, B. (2017). Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Sosial
Keluarga terhadap Kematangan Karir Mahasiswa. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi,
3(2).
Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak;
Analisis Faktor dan Strategi dalam Perspektif Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education,
3(2), 85-100.
Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui
Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50-61.
Purwaningsih, I., Oktariani, O., Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan
sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi
Pendidikan, 10(1), 21-26.
Sumiyati, S. (2016). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui
Pendidikan dalam Keluarga. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 83-95.
Sutama, Hidayati, Y. M., & Novitasari, M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.).
Muhammadiyah University Press.
Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan SosialEmosional Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap
Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19.
Jurnal Basicedu, 5(2), 683-696.
Van Tiel, J. M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Jakarta : Prenada Media.
Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam.
An Nida.
Published
2024-01-16