Analisis Faktor Penghambat Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mis Nurul Haq Boroppao Sinjai Timur
Abstract
Keberhasilan sebuah institusi pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh baik buruknya mutu pendidikan karena pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan mempersiapkan generasi mendatang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat upaya peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Haq Boroppao, Sinjai Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan-hambatan dalam peningkatan mutu Pendidikan di MIS Nurul Haq Boroppao berupa keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya pelibatan orang tua, dan tantangan dalam pengelolaan sekolah. Sehingga hal tersebut memerlukan peran berbagai elemen seperti manajemen sekolah, kualifikasi guru, dukungan orang tua, dan fasilitas pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Downloads
References
Asro, M. K., & Muna, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih Di MA Darussalam Krempyang Nganjuk. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(2), 217–228. https://doi.org/10.33367/ji.v9i2.1021
Boko, Y. A. (2020). Perencanaan Sarana Dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK) ., 1(1), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4435225
Chotimah, C., & Nisa, K. (2019). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet. 125–128. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/679
Fachrudin, Y. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berbasis Pesantren. Dirasah, 4(2), 91–108. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.277
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Hasan, M., Andi Warisno, Nasruddin Harahap, & Nurul Hidayati Murtafiah. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34–54. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.156
Iskandar, D. (2017). Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Smp Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 179. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12918
Mujiono, D. dan. (1998). . Belajar dan pembelajaran. PT Reneka Cipta.
Nur Wahidah, Gunawan Santoso, Moh. Farid La Aca, Darmita Wuriani, Darmita Wuriani, Anita Bosawer, Novi Mega Lestari, & A. Y. A. (2023). Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 190–214. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.629
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 101. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329
Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Suranto, D. I., Annur, S., Ibrahim, & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (Alignment), 3(2), 214–221. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1580
Zohriah, A. (2015). Analisis Standar Sarana Dan Prasarana. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(2), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2003
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterlibatan Siswa Dalam Belajar (Student Engagement) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1555–1563. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.889
Copyright (c) 2024 Hasmiati - Hasmiati, Muhammad Amin Nur, Elma Yuniarti, Darwisa Darwisa, Kusfa Hariani Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).