Peningkatan Prestasi Membaca Al-Quran Siswa dengan Metode Manajemen Kemitraan di SDN 003 Loa Kulu, Kutai Kartanegara

  • Suwarni Suwarni SDN 003 Loa Kulu
Keywords: Pendidikan karakter, Mantra Tiga Wali, membaca Al-Quran

Abstract

Pendidikan merupakan kombinasi antara pemberian pengetahuan kognitif dan membentuk karakter kepribadian yang baik. Salah satu pendidikan karakter yang dapat dilakukan adalah pendidikan membaca Al-Quran. Upaya pendidikan karakter tersebut dilaksanakan dengan menggunakan “Mantra Tiga Wali” (Manajemen Kemitraan dengan Pihak Ketiga dan Wali Murid). Ini adalah metode kemitraan yang dilakukan sekolah untuk melibatkan guru, wali murid, dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas peserta didik dalam membaca Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil positif dari “Mantra Tiga Wali” di SD Negeri 003 Loa Kulu. Penerapan metode kemitraan “Mantra Tiga Wali” berhasil meningkatkan keterampilan dan prestasi membaca Al-Quran bagi Siswa SD Negeri 003 Loa Kulu, dilihat dari beberapa prestasi peserta didik dalam beberapa lomba tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten.  Perlu keterlibatan semua pihak yang berkepentingan dengan kegiatan tersebut (stakeholders), yaitu kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua peserta didik, peserta didik dan masyarakat sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 123–136.
Imawati, D. (2018). Latar belakang penyebab tawuran pada remaja. Jurnal Motiva, 1(1), 77. doi: 10.31293/mv.v1i1.3500
Putra, Y. M. P. (2012). Siswa Tawuran Dinilai Kurang Pendidikan Karakter | Republika Online. Retrieved June 21, 2020, from https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/09/27/mb02fn-siswa-tawuran-dinilai-kurang-pendidikan-karakter
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan berkarakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. doi: 10.21831/jpk.v1i1.1316
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), 254–262. Malang, Indonesia: Universitas Widyagama Malang.
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 290–303.
Zulfitria. (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al-Quran dalam Pendidikan Karakter Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR 4.0,” 301–310. Jakarta, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Zulkifli, M. (2016). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Al-Quran. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 46–61.
Published
2021-07-02