Manajemen Pelayanan Pendidikan Palatèn dan Pratèn dalam Mencetak Siswa Berprestasi di MI Internasional Sabilillah Sampang

  • Alviatul Munawaroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Muhammad Hafidhi Universitas Negeri Malang
Keywords: Manajemen Pelayanan, Manajemen Pendidikan, Palatèn dan Pratèn

Abstract

Penelitian ini menguraikan penerapan manajemen pelayanan pendidikan Palatèn dan Pratèn di MI Internasional Sabilillah Sampang dengan fokus pada program Life Skill pidato Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah implementasi manajemen pelayanan pendidikan Palatèn dan Pratèn terdiri dari tahap Plan, melibatkan persiapan materi, penggantian tema, dan motivasi siswa. Do mencakup kreativitas guru, metode pembelajaran, seleksi siswa berbakat, dan pertunjukan spesial. See dilakukan melalui rapat kontrol, tes microteaching, dan pertunjukan spesial. Hasilnya, program ini berhasil meningkatkan prestasi siswa dalam pidato Bahasa Inggris, terbukti dari keberhasilan mereka di berbagai kompetisi. Namun, tantangan juga ditemukan, seperti perbedaan karakter dan kesulitan menyajikan materi relevan. Guru dihadapkan pada peran kompleks dalam memahami karakter siswa dan menciptakan suasana belajar yang menarik. Untuk menghadapi tantangan ini, pendekatan emosional dan penggunaan variasi model pembelajaran menjadi kunci. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pelayanan Palatèn dan Pratèn berhasil mencetak siswa berprestasi dalam pidato Bahasa Inggris di MI Internasional Sabilillah Sampang. Rekomendasi pengembangan strategi lebih lanjut untuk mengatasi tantangan, termasuk pendekatan emosional dan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas program Life Skill pidato Bahasa Inggris. Implementasi holistik ini memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berbicara siswa dan merangsang prestasi tingkat kompetisi yang lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani Hafli, S., & Ahmad Siddiq, A. (2022). Peran Pondok Pesantren Al-Ittihad dalam Meningkatkan Kualitas Berpidato Santri Pondok Pesantren Al-Ittihad. Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsibc.v2i2.3797

Ambros Leonangung Edu, M. S. I. N. (2021). Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal LiterasiPendidikan Dasar, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2.2179

Andy Riski Pratama, N. P. K. O. F. Y. L. Y. (2023). Pentingnya Guru Memahami Kondisi Psikologi Siswa (Studi Kasus :SD Tahfiz Rahmatul Aisyi 2 Alahan Panjang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15818

Anwar, A., Daud, M., Abubakar, A., Zainuddin, Z., & Fonna, F. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Serambi Ilmu, 21(1), 64–85. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1883

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392

B. Miles, M. , dan H. A. M. , & S. J. (2014). QualitativeData Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.

Elvira Cahya Imanto, N. K. E. F. (2023). Pelatihan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Bagi Siswa MTs Mathaul Huda Desa Arkosuko Kecamatan Poncokusumo. Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/anfatama.v2i2.656

Eva Sulistiana. (2022). Upaya Meningkatkan Soft Skill Santriwatri Melalui Pelatihan Pidato Bahasa Inggris. AMMA :Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/149/87

Fevi Selfiati, B. L. R. W. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMP Se-Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Pendidikan, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.604

Hafid, A., Sudirman, S., Amran, M., & Magvira, M. (2022). Hubungan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 166–173. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.201

Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70

Lipiah, D., Septianti, N., Yuwono, R., & Atika, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. TSAQOFAH, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.254

Ludfiana, D. A., Arifin, I., Timan, A., & Imron, A. (2023). Revolusi Literasi Alam pada Strategi Manajemen Layanan Khusus dengan Pemanfaatan ICT di Sekolah Alam. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1107. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.9103

Moh. Yusup Saepuloh Jamal dan Popi Patimah. (2022). Pengaruh Perhatian Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Thoriqotuna Jurnal Pendidikan Islam, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.47971/tjpi.v5i2.568

Mutiaramses, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

Nanny Mayasari. (2022). Perecanaan Pendidikan. PT Sada Kurnia Pustaka.

Nurul Hidayah. (2019). Manajemen Layanan Perpustakaan untuk Peserta Didik di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang. STUDIA MANAGARIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v1i2.4154

Pramesty, M. P., & Suratno, I. B. (2022). Hubungan Rasa Percaya Diri, Perhatian Guru, dan Dukungan Teman Sebaya dengan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4601

Primayana, K. H., & Sastrawan, K. B. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana dalam Meningkatkan Komitmen Organisasional Guru. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 63. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i2.1797

Rahayu Dewany, F. N. (2022). Penerapan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam upaya Meningkatkan Mutu Belajar Siswa. Education & Learning, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/el.v2i2.388

Rahman Tanjung, C. C. D. S. H. H. O. A. afiah,. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STITR akeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v3i1.627

Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203

Saepudin, A. (2023). Asas-Asas Manajemen. CV. Mega Press Nusantara.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sutrisno, d. (2020). Budaya Literasi di Era Covid-19. Syiah Kuala Lumpur University Press.

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Trismayanti, S. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 141–158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045

Turisia, A., Suhartono, S., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1985–1996. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1044

Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110
Published
2024-07-13