Manajemen Pelayanan Pendidikan Palatèn dan Pratèn dalam Mencetak Siswa Berprestasi di MI Internasional Sabilillah Sampang
Abstract
Penelitian ini menguraikan penerapan manajemen pelayanan pendidikan Palatèn dan Pratèn di MI Internasional Sabilillah Sampang dengan fokus pada program Life Skill pidato Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah implementasi manajemen pelayanan pendidikan Palatèn dan Pratèn terdiri dari tahap Plan, melibatkan persiapan materi, penggantian tema, dan motivasi siswa. Do mencakup kreativitas guru, metode pembelajaran, seleksi siswa berbakat, dan pertunjukan spesial. See dilakukan melalui rapat kontrol, tes microteaching, dan pertunjukan spesial. Hasilnya, program ini berhasil meningkatkan prestasi siswa dalam pidato Bahasa Inggris, terbukti dari keberhasilan mereka di berbagai kompetisi. Namun, tantangan juga ditemukan, seperti perbedaan karakter dan kesulitan menyajikan materi relevan. Guru dihadapkan pada peran kompleks dalam memahami karakter siswa dan menciptakan suasana belajar yang menarik. Untuk menghadapi tantangan ini, pendekatan emosional dan penggunaan variasi model pembelajaran menjadi kunci. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pelayanan Palatèn dan Pratèn berhasil mencetak siswa berprestasi dalam pidato Bahasa Inggris di MI Internasional Sabilillah Sampang. Rekomendasi pengembangan strategi lebih lanjut untuk mengatasi tantangan, termasuk pendekatan emosional dan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas program Life Skill pidato Bahasa Inggris. Implementasi holistik ini memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berbicara siswa dan merangsang prestasi tingkat kompetisi yang lebih tinggi.
Downloads
References
Ambros Leonangung Edu, M. S. I. N. (2021). Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal LiterasiPendidikan Dasar, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2.2179
Andy Riski Pratama, N. P. K. O. F. Y. L. Y. (2023). Pentingnya Guru Memahami Kondisi Psikologi Siswa (Studi Kasus :SD Tahfiz Rahmatul Aisyi 2 Alahan Panjang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15818
Anwar, A., Daud, M., Abubakar, A., Zainuddin, Z., & Fonna, F. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Serambi Ilmu, 21(1), 64–85. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1883
Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392
B. Miles, M. , dan H. A. M. , & S. J. (2014). QualitativeData Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.
Elvira Cahya Imanto, N. K. E. F. (2023). Pelatihan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Bagi Siswa MTs Mathaul Huda Desa Arkosuko Kecamatan Poncokusumo. Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/anfatama.v2i2.656
Eva Sulistiana. (2022). Upaya Meningkatkan Soft Skill Santriwatri Melalui Pelatihan Pidato Bahasa Inggris. AMMA :Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/149/87
Fevi Selfiati, B. L. R. W. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMP Se-Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Pendidikan, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.604
Hafid, A., Sudirman, S., Amran, M., & Magvira, M. (2022). Hubungan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 166–173. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.201
Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70
Lipiah, D., Septianti, N., Yuwono, R., & Atika, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. TSAQOFAH, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.254
Ludfiana, D. A., Arifin, I., Timan, A., & Imron, A. (2023). Revolusi Literasi Alam pada Strategi Manajemen Layanan Khusus dengan Pemanfaatan ICT di Sekolah Alam. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1107. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.9103
Moh. Yusup Saepuloh Jamal dan Popi Patimah. (2022). Pengaruh Perhatian Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Thoriqotuna Jurnal Pendidikan Islam, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.47971/tjpi.v5i2.568
Mutiaramses, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050
Nanny Mayasari. (2022). Perecanaan Pendidikan. PT Sada Kurnia Pustaka.
Nurul Hidayah. (2019). Manajemen Layanan Perpustakaan untuk Peserta Didik di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang. STUDIA MANAGARIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v1i2.4154
Pramesty, M. P., & Suratno, I. B. (2022). Hubungan Rasa Percaya Diri, Perhatian Guru, dan Dukungan Teman Sebaya dengan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4601
Primayana, K. H., & Sastrawan, K. B. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana dalam Meningkatkan Komitmen Organisasional Guru. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 63. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i2.1797
Rahayu Dewany, F. N. (2022). Penerapan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam upaya Meningkatkan Mutu Belajar Siswa. Education & Learning, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/el.v2i2.388
Rahman Tanjung, C. C. D. S. H. H. O. A. afiah,. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STITR akeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v3i1.627
Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203
Saepudin, A. (2023). Asas-Asas Manajemen. CV. Mega Press Nusantara.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Sutrisno, d. (2020). Budaya Literasi di Era Covid-19. Syiah Kuala Lumpur University Press.
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Trismayanti, S. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 141–158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045
Turisia, A., Suhartono, S., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1985–1996. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1044
Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110
Copyright (c) 2024 Alviatul Munawaroh, Nur Muhammad Hafidhi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).