Pengembangan Bahan Ajar Virtual Kontekstual Mitigasi Bencana Banjir di Kota Surabaya

  • Leli Anggreini Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Aida Kurniawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, ADDIE, Mitigasi Bencana Banjir

Abstract

Bahan ajar merupakan sumber media yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Bahan ajar berperan penting dalam menunjang pembelajaran siswa, mulai dari menumbuhkan minat belajar siswa hingga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar berupa video pembelajaran virtual kontekstual yang mempertimbangkan analysis, design, development, implementation and evaluation secara sistematis, (2) Mengetahui efektivitas bahan ajar video virtual kontekstual yang dikembangkan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) Mengetahui respon siswa mengenai video pembelajaran virtual kontekstual yang telah dikembangkan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Video pembelajaran virtual kontekstual dikembangkan berdasarkan karakteristik, kepribadian dan kebutuhan siswa dalam belajar, kemudian didesain secara konseptual dan dikembangkan secara visual menggunakan software editing video dengan menambahkan animasi, running text, audio dan voice over. Implementasi pembelajaran menggunakan bahan ajar berupa video virtual kontekstual dilakukan secara bertahap mulai dari Pre Test, rangkaian intervensi pembelajaran video lainnya, hingga Post Test. Secara evaluative, video pembelajaran virtual kontekstual dapat digunakan tanpa revisi. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar dengan efektivitas sebesar 82.81% sebagaimana analisis yang dilakukan dengan menggunakan Uji Wilcoxon. (3) Hasil sebaran angket menyatakan bahwa video pembelajaran virtual kontekstual layak untuk digunakan dan dipaparkan dengan nilai kelayakan sebesar 92%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-22