Pengembangan Bahan Ajar Virtual Kontekstual Mitigasi Bencana Banjir di Kota Surabaya
Abstract
Bahan ajar merupakan sumber media yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Bahan ajar berperan penting dalam menunjang pembelajaran siswa, mulai dari menumbuhkan minat belajar siswa hingga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar berupa video pembelajaran virtual kontekstual yang mempertimbangkan analysis, design, development, implementation and evaluation secara sistematis, (2) Mengetahui efektivitas bahan ajar video virtual kontekstual yang dikembangkan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) Mengetahui respon siswa mengenai video pembelajaran virtual kontekstual yang telah dikembangkan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Video pembelajaran virtual kontekstual dikembangkan berdasarkan karakteristik, kepribadian dan kebutuhan siswa dalam belajar, kemudian didesain secara konseptual dan dikembangkan secara visual menggunakan software editing video dengan menambahkan animasi, running text, audio dan voice over. Implementasi pembelajaran menggunakan bahan ajar berupa video virtual kontekstual dilakukan secara bertahap mulai dari Pre Test, rangkaian intervensi pembelajaran video lainnya, hingga Post Test. Secara evaluative, video pembelajaran virtual kontekstual dapat digunakan tanpa revisi. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar dengan efektivitas sebesar 82.81% sebagaimana analisis yang dilakukan dengan menggunakan Uji Wilcoxon. (3) Hasil sebaran angket menyatakan bahwa video pembelajaran virtual kontekstual layak untuk digunakan dan dipaparkan dengan nilai kelayakan sebesar 92%.
Downloads
Copyright (c) 2024 Leli Anggreini Ningrum, Sukma Perdana Prasetya, Aida Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).