Efektivitas Strategi Ta’bir As-Shuwar Dalam Meningkatkan Maharah Kalam di Mts Darul Hikmah Tulungagung
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan strategi Ta'bir As-Shuwar dalam meningkatkan maharah kalam siswa pada MTs Darul Hikmah Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan strategi Ta'bir As-Shuwar dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, Independent Sample T Test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dilakukan uji N-Gain, diketahui bahwa rerata nilai gain kelas kontrol adalah 60,8% yang termasuk kedalam kategori cukup efektif, sementara rerata nilai gain kelas eksperiment adalah 30,3%. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Ta'bir As-Shuwar lebih efektif dalam meningkatkan maharah kalam siswa di MTs Darul Hikmah Tulungagung.
Downloads
Copyright (c) 2024 Izaaz Dhiyaul Haq, Khizanatul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).