Efektivitas Strategi Ta’bir As-Shuwar Dalam Meningkatkan Maharah Kalam di Mts Darul Hikmah Tulungagung

  • Izaaz Dhiyaul Haq universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Khizanatul Hikmah universitas muhammadiyah sidoarjo
Keywords: Ta’bir As-Shuwar, Strategi Pembelajaran, Maharah Kalam

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan strategi Ta'bir As-Shuwar dalam meningkatkan maharah kalam siswa pada MTs Darul Hikmah Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan strategi Ta'bir As-Shuwar dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, Independent Sample T Test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dilakukan uji  N-Gain, diketahui bahwa rerata nilai gain kelas kontrol adalah 60,8% yang termasuk kedalam kategori cukup efektif, sementara rerata nilai gain kelas eksperiment adalah 30,3%. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Ta'bir As-Shuwar lebih efektif dalam meningkatkan maharah kalam siswa di MTs Darul Hikmah Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-13