Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Online di Kursus Al - Iman Surabaya
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Arab bersasis online serta faktor pendukung dan faktor penghambat di kursus bahasa Arab Al – Iman Surabaya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menunjang kelancaran peneliti adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif.Perolehan data penelitian yang akan dianalisis berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bahasa arab berbasis online di kursus bahasa Arab Al – Iman Surabaya dilaksanakan dalam 3 tahapan yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan untuk hasil penelitian mengenai faktor pendukungnya terbagi menjadi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kualitas pendidik yang memadai dan kompeten dalam bidangnya dan motivasi serta minat belajar peserta didik. Sedangkan untuk faktor eksternal yakni sistem yang mudah dipahami. Pada faktor penghambat juga terdiri dari dua bagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal meliputi tingka konsentrasi peserta didik. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurang stabilnya jaringan internet.
Downloads
Copyright (c) 2024 Alifah Rahma Fauziyah, Khizanatul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).