Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Sistem Pengelolaan Microteaching dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP)
Abstract
Microteaching merupakan mata kuliah wajib yang harus diperoleh oleh mahasiswa. Sebagai calon guru dituntut untuk dapat mengajar dan mempraktekkan sistem pengelolaan kelas dengan baik. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan mampu untuk menerapkan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP) pada mata kuliah microteaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mendesin RPP dan system pengelolan microteacing dengan siklus PPEPP. Penelitian ini adalah penelitiadeskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 38 mahasiswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata kemampuan mahasiswa dalam mendesain RPP dan pengelolaan kelas microteaching pada setiap indikator siklus PPEPP adalah 62.55 yang dapat dikategorikan cukup. Pada indikator perencanaan skor rata-rata mahasiswa adalah 16,9 (27%), rata-rata kemampuan mahasiswa pada indikator pelaksanaan adalah 23,7 (38%), sedangkan pada indikator evaluasi, rata-rata kemampuan mahasiswa adalah 9,1 (15%), kemudian pada indikator pengendalian, rata-rata kemampuan mahasiswa adalah 6,1 (10%), dan terakhir pada indikator peningkatan, rata-rata kemampuan mahasiswa adalah 6,8 (11%). Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan mahasiswa dalam mendesain RPP dan pengelolaan microteaching dengan siklus PPEPP dikategorikan cukup.
Downloads
Copyright (c) 2021 Herdi Herdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).