Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivistik Berbantuan Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IX F SMP Negeri 3 Kota Sorong
Abstract
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX-F SMP Negeri 3 Kota Sorong Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 orang. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Konstruktivistik Berbantuan Media terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IX-F SMP Negeri 3 kota Sorong.
Downloads
References
Azhari, 2013, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyuasin III, Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No. 2, h. 1-11.
Budiningsih, A., 2005, Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyani, Annisa, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Menggunakan Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Cahaya, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, Skripsi (Tidak diterbitkan).
Kemmis, S. & Taggart, Mc., R, 1990, The action research planner, Victoria, Australia: Deakin University Press.
Nurhajati, 2014, Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1, h. 1-11.
Pribadi, B.A. 2011. Langkah penting meran- cang kegiatan pembelajaran yang efek- tif dan berkualitas. Model desain sistem pembelajaran Jakarta: Dian Rakyat.
Sardiman, A.M. 2011 Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Soemantri, M.N., 2001, Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sumarsih, 2009, Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Bisnis, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII No. 1, h. 54-62.
Waluyo, 2006, Pengaruh Pendekatan Konstruktivistik dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas I Semester 2 SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman Tahun Pelajaran 2003/2004, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 8, No. 1, h. 128-150
Copyright (c) 2024 Ribut Purwojuono, Rhamadaniyah Rhamadaniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).