Peningkatan Interaksi Belajar Siswa Melalui Media Video Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kurikulum Merdeka Belajar
Abstract
Interaksi belajar peserta didik penting dibangun untuk membantu peserta didik mudah memahami materi pembelajaran pendidikan Agama katolik yang diajarkan oleh guru agama. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan interaksi belajar peserta didik adalah melalui penggunaan media video pembelajaran. Media video pembelajaran tersebut disiapkan oleh guru dengan menarik dan diputar saat pembelajaran di dalam kelas. Penyiapan media video pembelajaran tersebut dilakukan untuk mengatasi rendahnya interaksi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rendahnya interaksi belajar peserta didik dan peningkatan interaksi belajar menggunakan video. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui reduksi, display, dan penarikan kesimpulan serta triangulasi. Tempat penelitian adalah di Sekolah Dasar Negeri 1 Turpuk Limbong Samosir Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang tidak menggunakan media vidio pembelajaran cenderung membosankan bagi peserta didik. Selanjutnya, penggunaan media vidio membuat peserta didik senang dan tertarik untuk belajar. Peserta didik menjadi aktif dengan mau bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru, mau menanggapi dan memberikan pendapat terkait dengan video yang diputar saat pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa interaksi siswa menggunakan metode ceramah masih rendah sedangkan penggunaan media video pembelajaran interaksi siswa menjadi meningkat.
Downloads
References
Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2023). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Herin, G. (2017). Pola Interaksi Satu Arah Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Xi Ips Sma Negeri 6 Makassar. jurnal sosialisasi pendidikan sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142.
Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan , 17(1), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Gaung Parsada.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Januari, N., Warkuta, M., Ulfiyani, S., & Indrariani, E. A. (2024). Pola Interaksi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMPN 31 Semarang Universitas PGRI Semarang , Semarang pendekatan kualitatif . Metode ini digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk. 2(1).
Komang Wahyu Wiguna, I., & Adi Nugraha Tristaningrat, M. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 20. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Maria, R., & Adinuhgra, S. (2020). Pengaruh Media Video Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Dalam Pendidikan Don Bosco Palangkaraya. 6(2).
Moleong, L. J. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitati. Remaja Rosdakarya.
Muchib, M. (2018). Penerapan model PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Salamah, I. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Model Pembelajaran melalui Supervisi Akademik di Guru Binaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1296–1303. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1641
Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963
Setiadi, D. P., Agung, A. A. G. A., & Sujana, I. W. S. (2022). Pentingnya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Video Pembelajaran Berbasis Discovery Learning. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 560–576. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54578
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suharsono, T. (2016). Effect of Tutorial Teaching Method for Knowledge and Skill of CPR. Jurnal Keperawatan, 7(2), 156–162. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/3945
Syafriadi, S., Lalu Sapta Wijaya Kusuma, & Rusdiana Yusuf. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Copyright (c) 2024 Erikson Simbolon, Debora Enjelina Hasugian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).