Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia Dini
Abstract
Pada masa perkembangannya, anak usia dini mengalami berbagai macam perkembangan. Perkembangan anak usia dini khususnya keterampilan berbicara, keterampilan bercerita. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan keterampilan bercerita anak usia dini dengan menggunakan media pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh penggunaan pop-up book terhadap kemampuan bercerita anak usia dini. Sampel yang digunakan adalah 20 anak usia dini, terdiri dari 10 anak usia 3-4 tahun, dan 10 anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data didapat dari hasil instrumen penilaian dan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik t-test untuk mencari perbandingan skor pre-test dan post-tes. Dari hasil analisis data untuk keterampilan bercerita siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen dengan menggunakan rumus t-test t-test dan t-tebal. Nilai yang diperoleh untuk t-tes adalah 19,959 sedangkan nilai t-tabel adalah 2,10. hal ini menunjukan bahwa nilai t-test lebih besar dari nilai t-tabel yang berarti penggunaan media pop up book efektif karena mampu meningkatkan keterampilan berceritan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan nilai rata-rata post test adalah 58,6 dan nilai t-test adalah 19, 959, memenuhi kategori baik artinya ada perubahan yang signifikan kemampuan bercerita siswa sesudah diberikan treatmen, sedangkan saran penggunaan Pop-Up Book harus menyusun materi yang memuat hal-hal kontemporer sehingga menunjang proses pembelajaran
Downloads
References
Duilan, H. 2017. Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 3 Pujut Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Mandala. 2 (2). ISSN 2548-5555.
Fatchul Mubarok Febrianto Muhammad. et al. 2014. Penerapan Media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 Sdnu Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Jurnal Seni Rupa Unesa ISSN 146-153 Vol.2 No.3.
Hanifah, Umi Tisna. 2014. Pemanfaatan Media Pop up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). Jurnal Unnes ISSN 2252-6382.
Islamiyati. 2018. Hubungan Kerjasama Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 12(1). 67-66. ISSN 2503-0566.
John Cerswall. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Kania. 2006. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal. http://pustaka.unpad.ac.id/. Diakses 20 Agustus 2018.
Kusrianto SI. et al. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VIII Pada Aspek Representasi Matematis. Jurnal Unnes ISSN 2252-6927 Vol.5 No.2.
Kemenkes RI. 2012. Instrumen Stimulasi, Deteksi Dini, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Dirjen Bina Kesmas: Jakarta.
Kurniawati, N. 2017. Peningkatkan Kemampuan Bercerita Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Di Kelompok B Tk Aisyiyah 66 Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 3(3). 281-295. ISSN: 2599-0438.
Lismayanti, Meri. et al. 2016. Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk Sma Kelas X. Jurnal Universitas Jambi ISSN 0852-8349 Vo. 19 No.01.
Majid, A. 2008. Mendidik dengan cerita.Bandung:Rosda.
Nugraha, AS. 2017. Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mahasiswa Yang Peraktik Di Laboratorium Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. 7(2). ISSN 2549-2594.
Putra, DW. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 1 (1). ISSN 2502-5716.
Syofian, S. 2015. Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis WEB. Seminar Nasional Sains dan Teknologi. ISSN 2407– 846.
Subana. 2005. Statistik Pendidikan. Pustaka Setia. Bandung
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Wiyarni, NA. 2015. Manajemen PAUD bermutu. Yoyakarta: Gava Media.
https://www.youtube.com/watch?v=_A51_cY2_jg
https://www.youtube.com/watch?v=Vw5PP0vpH-k
Copyright (c) 2021 ilham ilo ham, aidin nusantara bima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).