Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia Dini

  • Ilham Ilham STKIP AL AMIN DOMPU
  • Aidin Aidin STKIP AL AMIN DOMPU
Keywords: Pop-up Book, Keterampilan Bercerita, Anak Usia Dini

Abstract

Pada masa perkembangannya, anak usia dini mengalami berbagai  macam perkembangan. Perkembangan anak usia dini khususnya keterampilan  berbicara, keterampilan bercerita. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan keterampilan bercerita anak usia dini dengan menggunakan media pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh penggunaan pop-up book terhadap kemampuan bercerita anak usia dini. Sampel yang digunakan adalah 20 anak usia dini, terdiri dari 10 anak usia 3-4 tahun, dan 10 anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data didapat dari hasil instrumen penilaian dan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik t-test untuk mencari perbandingan skor pre-test dan post-tes. Dari hasil analisis data untuk keterampilan bercerita siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen dengan menggunakan rumus t-test t-test dan t-tebal. Nilai yang diperoleh untuk t-tes adalah 19,959 sedangkan nilai t-tabel adalah 2,10. hal ini menunjukan bahwa nilai t-test lebih besar dari nilai t-tabel yang berarti penggunaan media pop up book efektif karena mampu meningkatkan keterampilan berceritan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan nilai rata-rata post test adalah 58,6 dan nilai t-test adalah 19, 959, memenuhi kategori baik artinya ada perubahan yang signifikan kemampuan bercerita siswa sesudah diberikan treatmen, sedangkan saran penggunaan Pop-Up Book harus menyusun materi yang memuat hal-hal kontemporer sehingga menunjang proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitain Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.
Duilan, H. 2017. Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 3 Pujut Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Mandala. 2 (2). ISSN 2548-5555.
Fatchul Mubarok Febrianto Muhammad. et al. 2014. Penerapan Media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 Sdnu Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Jurnal Seni Rupa Unesa ISSN 146-153 Vol.2 No.3.
Hanifah, Umi Tisna. 2014. Pemanfaatan Media Pop up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). Jurnal Unnes ISSN 2252-6382.
Islamiyati. 2018. Hubungan Kerjasama Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 12(1). 67-66. ISSN 2503-0566.
John Cerswall. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Kania. 2006. Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal. http://pustaka.unpad.ac.id/. Diakses 20 Agustus 2018.
Kusrianto SI. et al. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VIII Pada Aspek Representasi Matematis. Jurnal Unnes ISSN 2252-6927 Vol.5 No.2.
Kemenkes RI. 2012. Instrumen Stimulasi, Deteksi Dini, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Dirjen Bina Kesmas: Jakarta.
Kurniawati, N. 2017. Peningkatkan Kemampuan Bercerita Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Di Kelompok B Tk Aisyiyah 66 Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 3(3). 281-295. ISSN: 2599-0438.
Lismayanti, Meri. et al. 2016. Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk Sma Kelas X. Jurnal Universitas Jambi ISSN 0852-8349 Vo. 19 No.01.
Majid, A. 2008. Mendidik dengan cerita.Bandung:Rosda.
Nugraha, AS. 2017. Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mahasiswa Yang Peraktik Di Laboratorium Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. 7(2). ISSN 2549-2594.
Putra, DW. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 1 (1). ISSN 2502-5716.
Syofian, S. 2015. Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis WEB. Seminar Nasional Sains dan Teknologi. ISSN 2407– 846.
Subana. 2005. Statistik Pendidikan. Pustaka Setia. Bandung
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Wiyarni, NA. 2015. Manajemen PAUD bermutu. Yoyakarta: Gava Media.
https://www.youtube.com/watch?v=_A51_cY2_jg
https://www.youtube.com/watch?v=Vw5PP0vpH-k
Published
2021-01-27