Pengembangan Aplikasi Psikologi Remaja Berbasis Android (API MADRID)

  • Mujono Sang Putra stkip al amin dompu
  • Yeni Rahmawati stkip al amin dompu
Keywords: Development, Application, Android, Youth

Abstract

Usia remaja merupakan masa yang sedang mengalami perkembangan fisiologis dan psikologis yang akan menimbulkan kecemasan. Remaja yang berkembang di lingkungan yang kurang kondusif, kematangan emosionalitasnya terhambat sehingga akan mengakibatkan tingkah laku negatif misalnya agresif, lari dari kenyataan. Salah satu langkah preventif yang dapat dilakukan dalam membantu remaja mengatasi permasalahan yang dialami adalah dengan memberikan bekal pengetahuan psikologi remaja. Untuk mempermudah akses informasi psikologi remaja, perlu adanya pengembangan aplikasi yang berfungsi sebagai media dalam belajar psikologi remaja. Berdasarkan analisis situasi, penggunaan smartphone berbasis android dikalangan remaja sudah menjadi kebutuhan pokok. Hampir setiap aktifitas yang mereka lakukan berhubungan dengan smartphone. Fakta ini yang menjadi dasar peneliti untuk mengembangkan API MADRID, aplikasi psikologi remaja dengan memanfaatkan smartphone (berbasis android). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang merupakan penelitian untuk menghasilkan produk baru dan menguji keefektifan produk. Hasil persentase kelayakan ujicoba aplikasi secara keseluruhan, didapatkan hasil sebesar 95.25% yang kemudian diinterpretasikan berdasarkan skala likert. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan aplikasi API MADRID termasuk kategori Sangat Layak”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah. 2013. Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia remaja (Penggunaan informasi dalam Pelayanan bimbingan individual). Jurnal STAIN Kudus. Vol. 4, No.

Yessy, NES. 2015. Buku Ajar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:Parama Publishing.

Faturochman. 2002. Keadilan Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Unit Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Sarry, YNE. 2017. Perkembangan Kognitif Dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. J-PENGMAS. Volume 1, No. 1. ISSN: 2579-7905.

Setianingsih, E. et al. 2006. Hubungan Antara Penyesuaian Sosial Dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuen Pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol.3 No. 1.

Vinas, F., J. Canals, M.E. Gras, C. Ros, dan E.D.Llaberia. 2002. Psychological and Family Factors Associated with Suicidal Ideation in Pre-Adolescents. The Spanish Journa of Psychology.5/1:20-28.

Suharto, MP. et al. 2018. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu. Jurnal Pekerjaan Sosial. Vol. 1 No: 2. ISSN: 2620-3367.

Putro, KZ. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal

Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Volume 17, Nomor 1. ISSN: 1411-8777.

Siddiq, M., Nasution, A. 2018. Perancangan Aplikasi Push Notification Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Vol. IV No. 2, ISSN: 2550-0201.

Wahyuni, T. 2016. Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Masalah Psikologi Remaja Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining Berbasis Android. Jurnal J-Ensitec: Vol 02, No. 02.

Supriyatin, W. et al. 2015. Aplikasi Android Sebagai Media Informasi Dalam Pengenalan Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal ORBITH. Vol:11. No.3.

Multyaningsih, Endang. 2011. Metodologi Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering A Practitioner`s Approach, Seventh Edition. New York: McGraw Hill.

Published
2021-01-30