Pengembangan Aplikasi Psikologi Remaja Berbasis Android (API MADRID)
Abstract
Usia remaja merupakan masa yang sedang mengalami perkembangan fisiologis dan psikologis yang akan menimbulkan kecemasan. Remaja yang berkembang di lingkungan yang kurang kondusif, kematangan emosionalitasnya terhambat sehingga akan mengakibatkan tingkah laku negatif misalnya agresif, lari dari kenyataan. Salah satu langkah preventif yang dapat dilakukan dalam membantu remaja mengatasi permasalahan yang dialami adalah dengan memberikan bekal pengetahuan psikologi remaja. Untuk mempermudah akses informasi psikologi remaja, perlu adanya pengembangan aplikasi yang berfungsi sebagai media dalam belajar psikologi remaja. Berdasarkan analisis situasi, penggunaan smartphone berbasis android dikalangan remaja sudah menjadi kebutuhan pokok. Hampir setiap aktifitas yang mereka lakukan berhubungan dengan smartphone. Fakta ini yang menjadi dasar peneliti untuk mengembangkan API MADRID, aplikasi psikologi remaja dengan memanfaatkan smartphone (berbasis android). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang merupakan penelitian untuk menghasilkan produk baru dan menguji keefektifan produk. Hasil persentase kelayakan ujicoba aplikasi secara keseluruhan, didapatkan hasil sebesar 95.25% yang kemudian diinterpretasikan berdasarkan skala likert. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan aplikasi API MADRID termasuk kategori “Sangat Layak”.
Downloads
References
Azizah. 2013. Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia remaja (Penggunaan informasi dalam Pelayanan bimbingan individual). Jurnal STAIN Kudus. Vol. 4, No.
Yessy, NES. 2015. Buku Ajar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:Parama Publishing.
Faturochman. 2002. Keadilan Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Unit Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Sarry, YNE. 2017. Perkembangan Kognitif Dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. J-PENGMAS. Volume 1, No. 1. ISSN: 2579-7905.
Setianingsih, E. et al. 2006. Hubungan Antara Penyesuaian Sosial Dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuen Pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol.3 No. 1.
Vinas, F., J. Canals, M.E. Gras, C. Ros, dan E.D.Llaberia. 2002. Psychological and Family Factors Associated with Suicidal Ideation in Pre-Adolescents. The Spanish Journa of Psychology.5/1:20-28.
Suharto, MP. et al. 2018. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu. Jurnal Pekerjaan Sosial. Vol. 1 No: 2. ISSN: 2620-3367.
Putro, KZ. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal
Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Volume 17, Nomor 1. ISSN: 1411-8777.
Siddiq, M., Nasution, A. 2018. Perancangan Aplikasi Push Notification Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Vol. IV No. 2, ISSN: 2550-0201.
Wahyuni, T. 2016. Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Masalah Psikologi Remaja Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining Berbasis Android. Jurnal J-Ensitec: Vol 02, No. 02.
Supriyatin, W. et al. 2015. Aplikasi Android Sebagai Media Informasi Dalam Pengenalan Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal ORBITH. Vol:11. No.3.
Multyaningsih, Endang. 2011. Metodologi Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering A Practitioner`s Approach, Seventh Edition. New York: McGraw Hill.
Copyright (c) 2021 muji sang putra, Yeni rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).