Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 19 Bengkulu Selatan
Abstract
Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dari pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz di SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan?. Apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas VII A SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan?. Tujuan pembelajaran ini adalah : Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz di SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan. Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII A SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukan : Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz pada pembelajaran IPS aktivitas siswa meningkat yaitu dari rata-rata skor 12 (Cukup) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 14,5 (Baik). Serta dengan pengujian peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan uji tes “t” menunjukan thitung = 11,10 > ttabel = 2,78, dengan demikian to adalah jauh lebih besar dari ttabel, berarti antara nilai post tes siklus I dengan nilai post tes siklus II terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan.
Downloads
References
Agus Suprijono. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahamdi Lif Khoiru, dkk.2014. Mengembangakan Pembelajaran IPS TERPADU.Jakarta.Prestasi Pustaka.
Arikunto suharsimi.2012.penelitian tindakan kelas.jakarta.Bumi Aksara.
Dimyati, mudjiono.2009.belajar dan pembelajaran. Jakarta. Renika Cipta.
Dimyati.2013. belajar & pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Faizalluddin, I.dan ermalinda, M.Hum.2014. penelitian tindakan kelas. Bandung. Alfabeta.
FKIP, UMB. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi. Bengkulu.
Hamalik.2010.Proses Belajar Mengajar.Jakarta. Bumi Aksara.
Hamalik oemar.2008.perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan system jakarta.Bumi Aksara.
Isjoni, . 2013. cooperative learning. Bandung. Alfabeta.
Kunandar. 2011. Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan.Jakarta.Rajawali Pers.
Pidarta Made.2009. Landasan Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Slameto.2010. belajar & factor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.
Suprijono Agus.2014.coperative learning.Yogyakarta. Pusataka Pelajar
Purwanti, Neni .2010.penerapan model polling sebagai alternative baru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 19 bengkulu Selatan. UMB.
Sudijono.2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 1989 Nomor 6, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3390)
Copyright (c) 2021 Maha Putra, Edora Edora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).