Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 19 Bengkulu Selatan

  • Maha Putra Universitas Pelita Bangsa
  • Edora Edora Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Penerapan Metode Team Quiz, prestasi belajar.

Abstract

Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dari pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz di SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan?. Apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas VII A SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan?. Tujuan pembelajaran ini adalah : Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz di SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan. Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII A SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukan : Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz pada pembelajaran IPS aktivitas siswa meningkat yaitu dari rata-rata skor 12 (Cukup) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 14,5 (Baik). Serta dengan pengujian peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan uji tes “t” menunjukan thitung = 11,10 > ttabel = 2,78, dengan demikian to  adalah jauh lebih besar dari ttabel, berarti antara nilai post tes siklus I dengan nilai post tes siklus II terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahamdi Lif Khoiru, dkk.2014. Mengembangakan Pembelajaran IPS TERPADU.Jakarta.Prestasi Pustaka.

Arikunto suharsimi.2012.penelitian tindakan kelas.jakarta.Bumi Aksara.

Dimyati, mudjiono.2009.belajar dan pembelajaran. Jakarta. Renika Cipta.

Dimyati.2013. belajar & pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Faizalluddin, I.dan ermalinda, M.Hum.2014. penelitian tindakan kelas. Bandung. Alfabeta.

FKIP, UMB. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi. Bengkulu.

Hamalik.2010.Proses Belajar Mengajar.Jakarta. Bumi Aksara.

Hamalik oemar.2008.perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan system jakarta.Bumi Aksara.

Isjoni, . 2013. cooperative learning. Bandung. Alfabeta.

Kunandar. 2011. Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan.Jakarta.Rajawali Pers.

Pidarta Made.2009. Landasan Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Slameto.2010. belajar & factor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Suprijono Agus.2014.coperative learning.Yogyakarta. Pusataka Pelajar

Purwanti, Neni .2010.penerapan model polling sebagai alternative baru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 19 bengkulu Selatan. UMB.

Sudijono.2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 1989 Nomor 6, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3390)

Published
2021-02-01