Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Moral Dalam Animasi Kampung Boy

  • Muhammad Fiqri Al Islami Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Siswanto Siswanto Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Edo Dwi Pratama Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pendidikan Karakter, Nilai Moral, Ali dan Kampung Boy

Abstract

Masalah Penelitian ini adalah apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter dan moral dalam animasi kampung boy. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan moral animasi kampung boy yang mengkhususkan pada pendidikan karakter nilai religious, nilai nasionalisme, nilai integritas, nilai mandiri dan nilai gotong royong serta nilai moral yang berupa hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia dan hubungnan manusia dengan alam. Metode penelitian yang digunakan dalam metode ini yaitu metode deksriptif kualitatif. Sumber data dan objek penelitian ini bersumber pada animasi kampung boy. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil analisis yang diperoleh yaitu berupa nilai-nilai pendidikan karakter dan moral. Nilai-nilai pendidikan karakter terdiri dari 5 yaitu (1) nilai religius (2) nilai nasionalis (3) nilai mandiri (4) nilai gotong royong dan (5) nilai integritas. Nilai moral terbagi atas 4 bagian yaitu (1) nilai moral yang terkandung dalam hubungan manusia dengan Tuhan, (2) nilai moral yang terkandung dalam hubungan antara manusia dengan sesama manusia, (3) nilai moral yangterkandung dalam hubungan antara manusia dengan sesama manusia, dan (4) nilai moral yang terkandungdalam hubungan manusia dengan alam semesta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Salim, N. A., Avicenna, A., Suesilowati, S., Ermawati, E. A., Panjaitan, M. M. J., Yustita, A. Sari, I. N. (2022). Dasar-dasar pendidikan karakter. Yayasan Kita Menulis
Tsauri Sofyan. (2015). Pendidikan Karakter. IAIN Jamber Press
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran Moral dan Desain Pembelajaran Moral. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran Moral dan Desain Pembelajaran Moral. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Chaer, Abdul. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 141. Jakarta: Sekretariat Negara.
Published
2025-01-02