Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Pada Zaman Dahulu

  • Elsa Dwiyanti Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Andrian Ramadani Syah Putra Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Aris Yulantomo Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Siswanto Siswanto Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
Keywords: pendidikan karakter, film animasi, Pada Zaman Dahulu, nilai moral, anak usia dini

Abstract

Pendidikan karakter adalah aspek penting dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki sikap moral yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi "Pada Zaman Dahulu" episode Musang dan Ayam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kajian pustaka, penelitian ini mengidentifikasi berbagai nilai moral yang dapat ditanamkan kepada anak usia dini melalui media visual. Nilai-nilai tersebut mencakup religiusitas, kedisiplinan, kepedulian, tolong-menolong, penghormatan terhadap orang lain, diri sendiri, dan lingkungan, serta nilai sosial.Film ini tidak hanya menghibur tetapi juga menjadi media pembelajaran yang efektif, membantu pendidik dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film animasi sebagai media pendidikan dapat meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai moral pada anak-anak. Dengan integrasi yang tepat dalam proses pembelajaran, film animasi seperti "Pada Zaman Dahulu" dapat menjadi sarana yang relevan untuk mendukung pendidikan karakter di era digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Character Education Partnership.
Deistyarini, V. N., Tampubolon, H. A., Ridha, D. S. M., Azzahra, N., & Sutarman, S. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Upin & Ipin. Instructional Development Journal, 5(1), 62-69.
Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, No. 1). Cv. Alfabeta.
Guskey, T. R. (2002). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Handayani, D., Kusuma, S. H., & Rahmawati, D. (2020). "Efektivitas Media Visual dalam Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 101-112.
Jois, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakterb Dalam Film Animasi" Pada Zaman Dahulu" Karya Mohd. Harist Amran, Dkk Dan Implementasinya Sebagai Media Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Mi (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).
Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 84-92.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muna, N. W., Solehuddin, S., & Mahmudah, U. (2022). Nilai Pendidikan karakter Religius dan Sains dalam Film Animasi “Riko The Series” Sebagai Media Pembentuk Pengetahuan dan Karakter Religius. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 40-56.
Nucci, L., & Narvaez, D. (2008). Handbook of moral and character education. New York: Routledge.
Rohmah, N., & Kusuma, F. (2019). "Pemanfaatan Film Animasi sebagai Media Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar." Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 45-52.
Robert, C. (1993). Media Visual dalam Pendidikan. Cambridge: Cambridge University Press.
Sajadi, A. (2008). Pendidikan Karakter: Panduan Praktis untuk Guru dan Orang Tua. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufik Abdillah Syukur, Siti Rafiqoh. Pengantar Ilmu Kependidikan. 2022. Patju Kreasi: Jl. Mawar No. 23 F Rt. 006/07 Pisangan Ciputat Timur.
Published
2025-01-02