Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Melayu Karya Pak Ngah: Analisis Pendidikan Pada Lagu “Cindai,Balqis, dan Hati Kama”
Abstract
Lagu-lagu Melayu tradisional memiliki peran penting dalam menyampaikan nilai-nilai moral dan pendidikan karakter melalui lirik yang sarat makna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam lirik tiga lagu karya Pak Ngah, yaitu "Cindai," "Balqis," dan "Hati Kama." Dengan menggunakan metode analisis isi, penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen karakter seperti kejujuran, ketangguhan emosional, semangat kerja sama, dan penghormatan terhadap tradisi. Hasil analisis menunjukkan bahwa lagu "Cindai" menekankan introspeksi diri dan ketabahan dalam menghadapi cobaan, "Balqis" menonjolkan pentingnya menjaga kehormatan diri dan nilai moral, sementara "Hati Kama" merepresentasikan harmoni dan hubungan sosial yang baik. Ketiga lagu ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media edukasi yang efektif dalam pelestarian budaya Melayu. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian lagu-lagu tradisional Melayu ke dalam kurikulum pendidikan untuk memperkuat pembentukan karakter generasi muda.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, M. (2016). Musik Tradisional sebagai Sarana Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 45-53.
Wulandari, A. (2018). Analisis Lirik Lagu Daerah sebagai Sarana Pembelajaran Nilai Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 75-82.
Copyright (c) 2025 Muhammad Abdi Ramadhan, Sri Maya Nurfaiza, Yulia Nelfita, Siswanto Siswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).