Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Melayu Karya Pak Ngah: Analisis Pendidikan Pada Lagu “Cindai,Balqis, dan Hati Kama”

  • Muhammad Abdi Ramadhan Program Studi Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Sri Maya Nurfaiza Program Studi Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Yulia Nelfita Program Studi Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
  • Siswanto Siswanto Program Studi Pendidikan Bahasa Melayu, Universitas Lancang Kuning
Keywords: pendidikan karakter, lagu Melayu, Pak Ngah, lirik lagu, budaya Melayu

Abstract

Lagu-lagu Melayu tradisional memiliki peran penting dalam menyampaikan nilai-nilai moral dan pendidikan karakter melalui lirik yang sarat makna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam lirik tiga lagu karya Pak Ngah, yaitu "Cindai," "Balqis," dan "Hati Kama." Dengan menggunakan metode analisis isi, penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen karakter seperti kejujuran, ketangguhan emosional, semangat kerja sama, dan penghormatan terhadap tradisi. Hasil analisis menunjukkan bahwa lagu "Cindai" menekankan introspeksi diri dan ketabahan dalam menghadapi cobaan, "Balqis" menonjolkan pentingnya menjaga kehormatan diri dan nilai moral, sementara "Hati Kama" merepresentasikan harmoni dan hubungan sosial yang baik. Ketiga lagu ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media edukasi yang efektif dalam pelestarian budaya Melayu. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian lagu-lagu tradisional Melayu ke dalam kurikulum pendidikan untuk memperkuat pembentukan karakter generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, R. (2020). Peran Musik Tradisional dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 112-118.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, M. (2016). Musik Tradisional sebagai Sarana Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 45-53.
Wulandari, A. (2018). Analisis Lirik Lagu Daerah sebagai Sarana Pembelajaran Nilai Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 75-82.
Published
2025-01-02