Model Pengembangan Pendidikan Pancasila untuk bidang Ilmu Hubungan Internasional

  • hastangka hastangka Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Muhammad Farid President University
Keywords: Model, pendidikan, Pancasila, Hubungan internasional.

Abstract

Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah wajib umum yang menjadi bagian penting dalam proses pendidikan di perguruan tinggi. Sebagai mata kuliah wajib umum, pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa untuk memiliki dasar dasar nilai berbangsa dan bernegara, pengetahuan tentang sistem nilai hidup berbangsa dan bernegara, serta orientasi dan wawasan untuk menjadi bangsa Indonesia yang berjati diri Pancasila. Mata kuliah Pancasila diberikan kepada seluruh mahasiswa lintas disiplin atau bidang ilmu. Persoalan yang sering muncul, mata kuliah Pancasila terkadang belum kontekstual dan relevan dalam bidang ilmu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis model pengembangan mata kuliah pendidikan Pancasila di bidang ilmu hubungan Internasional. Metode penelitian ini merupakan kajian literatur dan studi empirik model pengembangan pendidikan Pancasila pada bidang ilmu Hubungan Internasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan Pancasila pada bidang ilmu hubungan internasional dapat dilakukan dengan menghubungkan materi Pancasila dengan isu isu strategis internasional melalui metode interaktif, dialog dan studi kasus. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi pendidikan Pancasila menjadi sangat relevan dan kontekstual dalam bidang ilmu hubungan internasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

- Dirjen Dikti.(2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila. Jakarta: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti.
- Notonagoro.(1957). Pantjasila Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia, Pidato Promosi Honoris Causa dalam ilmu hukum pada 19 Desember 1951, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
- Notonagoro.(1980). Pancasila secara ilmiah Populer.cetakan kelima. Jakarta: Pantjuran Tudjuh.
- Notonagoro dan Wreksosuhardjo S.(1987). Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta:Hanindita.
- Soemasdi.H.(1985). Pemikiran tentang Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Andi Offset.
- Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2021-07-02