Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah

  • Lita Izzatunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Ade Suryanda Universitas Negeri Jakarta https://orcid.org/0000-0002-4656-187X
  • Anisa Siti Kholifah Universitas Negeri Jakarta
  • Cynthia Loka Universitas Negeri Jakarta
  • Peralihan Pertiwi Idea Goesvita Universitas Negeri Jakarta
  • Priscila Sindy Aghata Universitas Negeri Jakarta
  • Salwa Anggraeni Universitas Negeri Jakarta
Keywords: COVID-19, Motivasi, Pandemi, Siswa.

Abstract

Penelitian ini mengkaji motivasi belajar siswa selama pandemi dalam proses belajar dari rumah. Dalam proses belajar, motivasi sangat dibutuhkan. Motivasi dapat timbul dari intrinsik (dalam diri individu) maupun ekstrinsik (luar individu). Kedua faktor ini sangat penting dan berkesinambungan dalam meningkatkan motivasi siswa. Selama pandemi COVID-19, proses pembelajaran dilakukan dari rumah, sehingga motivasi belajar dapat berpengaruh dari beberapa faktor. Dari hasil penelitian yang didapat, banyak faktor-faktor yang tidak mendukung proses belajar siswa selama pandemi. Faktor-faktor tersebut, diantaranya; kemampuan teknologi, koneksi akses jaringan internet, media pembelajaran yang digunakan, kapasitas siswa untuk pembelajaran online, dan lain-lain, sehingga motivasi belajar siswa berubah menjadi menurun. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa selama pandemi dalam proses belajar dari rumah mengalami penurunan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-02