Peran Pengasuh dalam Manajemen Perubahan pada Lingkungan Organisasi Pondok Pesantren Tegalsari di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pendidikan yang diatur oleh suatu lembaga membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki standar kepemimpinan yang ideal. Seorang pemimpin dituntut untuk mampu menjadi agen perubahan suatu lembaga yang dipimpinnya. Perubahan yang dimaksud diatur dalam sebuah manajemen perubahan, sehingga dapat membawa organisasi yang dipimpinnya dapat mencapai tujuan yang ditargetkan. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam memiliki sosok seorang kyai atau pengasuh yang bertanggung jawab atas pondok pesantren yang dipimpinnya secara berkesinambungan. Pondok Pesantren Tegalsari dibawah asuhan KH Asyhari Abta menghadapi sebuah fenomena baru pandemic covid-19. KH Asyhari Abta memiliki sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tegalsari memiliki peran sebagai catalyst, solution givers, process helpers, resources linkers.
Downloads
Copyright (c) 2021 Aqimi Dinana, Subiyantoro Subiyantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).