Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Mutu Belajar Dengan Mutu Proses Belajar Mengajar Sebagai Variabel Intervening Mata Kuliah Perbankan Syariah

  • Danya Radinda Suprayogie Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran E-Learning, Mutu Belajar, Mutu Proses Belajar mengarjar

Abstract

Dalam menghadapi new normal, dunia pendidikan juga memiliki pembaruan dibidang akademik. Yaitu pembelajaran melalui system elektronik atau daring. Meskipun begitu pendidik dituntut untuk tetap mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran e-learning berbasis zoom meeting melalui kualitas proses belajar mengajar terhadap mutu belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah kuantitatif, dengan objek penelitian mahasiswa program studi pendidikan akuntansi universitas negeri surabaya yang berjumlah 62 mahasiswa serta menggunakan teknik porrposive sampling, dengan kriteria mahasiswa yang melaksanakan proses pembelajaran perbankan syariah melalui e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari variabel e-learning berbasis zoom meeting terhadap mutu belajar mahasiswa. Dan pada hasil penelitian variabel pembelajaran e-learning berbasis zoom meeting terhadap proses belajar mengajar juga berpengaruh positif. Kesimpulan dari pengolahan data statistik tersebut dapat dinyatakan apabila pembelajaran e-learning berbasis zoom meeting ini dapat berpengaruh secara langsung dengan angka yang signifikan pada mutu belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2018. Hasil dari penelitian ini juga dapat dijadikan bahan acuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-02