Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Mutu Belajar Dengan Mutu Proses Belajar Mengajar Sebagai Variabel Intervening Mata Kuliah Perbankan Syariah
Abstract
Dalam menghadapi new normal, dunia pendidikan juga memiliki pembaruan dibidang akademik. Yaitu pembelajaran melalui system elektronik atau daring. Meskipun begitu pendidik dituntut untuk tetap mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran e-learning berbasis zoom meeting melalui kualitas proses belajar mengajar terhadap mutu belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah kuantitatif, dengan objek penelitian mahasiswa program studi pendidikan akuntansi universitas negeri surabaya yang berjumlah 62 mahasiswa serta menggunakan teknik porrposive sampling, dengan kriteria mahasiswa yang melaksanakan proses pembelajaran perbankan syariah melalui e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari variabel e-learning berbasis zoom meeting terhadap mutu belajar mahasiswa. Dan pada hasil penelitian variabel pembelajaran e-learning berbasis zoom meeting terhadap proses belajar mengajar juga berpengaruh positif. Kesimpulan dari pengolahan data statistik tersebut dapat dinyatakan apabila pembelajaran e-learning berbasis zoom meeting ini dapat berpengaruh secara langsung dengan angka yang signifikan pada mutu belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2018. Hasil dari penelitian ini juga dapat dijadikan bahan acuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning.
Downloads
Copyright (c) 2021 Danya Radinda Suprayogie, Luqman Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).