Identifikasi Gaya Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Matematika di Papua (Survei: Kota Jayapura)
Abstract
Papua merupakan salah satu provinsi yang berada di paling timur Indonesia. Hal tersebut berdampak pada perkembangan Pendidikan terutama kemampuan akademik mahasiswa berkaitan dengan statistika. Selain dari letak geografisnya, terdapat factor lain yang mempengaruhi kemampuan akademik tersebut salah satunya factor internal yakni gaya belajar statistika yang terdiri dari gaya belajar visual, audio dan kinestetik (VAK). Survei gaya belajar dilakukan pada perguruan tinggi negeri yang terletak kota jayapura yaitu institute agama islam negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua dan Universitas Cenderawasih. Hasil dari survei menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan matematika memiliki kecenderungan pada gaya belajar audio. Hasil tersebut didasarkan pada perolehan nilai mean mahasiswa IAIN FM sebesar 15,65 dan mahasiswa UNCEN sebesar 16,74. Keduanya memiliki nilai mean yang masuk dalam kategori tinggi.
Downloads
Copyright (c) 2022 Riska Yulianti, Elsi Sirampun, Andi Miftahul Maulidil Mursyid, Nur’im Septi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).