Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Xi Smk Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong

  • Abdul Rahman Hatsama
Keywords: pendekatan konstruktivistik, kemampuan menulis, deskripsi

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik pada siswa SMK Muhammadiyah Aimas Sorong. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi langkah-langkah pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran menulis deskripsi, 2) untuk menjabarkan peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam menulis deskripsi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktifistik dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa, 2)  nilai rata-rata siswa saat pra-siklus sebesar 55,70% dengan kategori cukup, pada siklus I meningkat menjadi 73,45% dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,55% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
Kemdikbud.2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang. Kemdikbud.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Muchisoh. 1998. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta : Universitas Terbuka
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Partino, H.R. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta: Pustaka Mahasiswa.
Supardi.2013. Pembelajaran Keterampilan Menulis Dengan Teknik Modeling.
Jayapura: Sanggar Putro Adjie.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahas. Bandung: Angkasa.
___________________. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Trianto.2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2018-01-05