Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Xi Smk Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik pada siswa SMK Muhammadiyah Aimas Sorong. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi langkah-langkah pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran menulis deskripsi, 2) untuk menjabarkan peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam menulis deskripsi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktifistik dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa, 2) nilai rata-rata siswa saat pra-siklus sebesar 55,70% dengan kategori cukup, pada siklus I meningkat menjadi 73,45% dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,55% dengan kategori baik.
Downloads
References
Kemdikbud.2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang. Kemdikbud.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Muchisoh. 1998. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta : Universitas Terbuka
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Partino, H.R. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta: Pustaka Mahasiswa.
Supardi.2013. Pembelajaran Keterampilan Menulis Dengan Teknik Modeling.
Jayapura: Sanggar Putro Adjie.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahas. Bandung: Angkasa.
___________________. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Trianto.2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).