Pengaruh Model Pembelajaran Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Teaching Efficacy Belief Dan Aktualisasi Diri Mahasiswa

  • Aswendo Aswendo STKIP Muhammadiyah Sorong
  • Raisa Anakotta STKIP Muhammadiyah Sorong
Keywords: Multiple Intelligence, Teaching Efficacy Belief, aktualisasi diri

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran multiple intelligence untuk meningkatkan teaching efficacy belief dan aktualisasi diri mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sorong. Subjek penelitian ini adalah 40 mahasiswa Program Studi PJKR dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang terdiri dari 20 mahasiswa di kelas kontrol dan 20 mahasiswa di kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan randomized pre-post test control group design. Penelitian ini menggunakan parametric tes (t-tes) dalam menganalisis datanya. Instrument dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan skala TEB-AD dengan koefisien cronbach alfa sebesar 0,829. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara multiple intelligence terhadap skor skala TEB-AD. Rata-rata TEB-AD dalam kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai di kelas kontrol (te > ttabel = 0,338 > -2,334). Dengan demikian, model pembelajaran multiple intelligence dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan teaching efficacy belief dan aktualisasi diri mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-05