Pengaruh Model Pembelajaran Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Teaching Efficacy Belief Dan Aktualisasi Diri Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini berusaha untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran multiple intelligence untuk meningkatkan teaching efficacy belief dan aktualisasi diri mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sorong. Subjek penelitian ini adalah 40 mahasiswa Program Studi PJKR dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang terdiri dari 20 mahasiswa di kelas kontrol dan 20 mahasiswa di kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan randomized pre-post test control group design. Penelitian ini menggunakan parametric tes (t-tes) dalam menganalisis datanya. Instrument dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan skala TEB-AD dengan koefisien cronbach alfa sebesar 0,829. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara multiple intelligence terhadap skor skala TEB-AD. Rata-rata TEB-AD dalam kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai di kelas kontrol (te > ttabel = 0,338 > -2,334). Dengan demikian, model pembelajaran multiple intelligence dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan teaching efficacy belief dan aktualisasi diri mahasiswa.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).