Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar

  • Budi Santoso Prodi Pend. Kewarganegaraan, universitas pendidikan muhammadiyah sorong
  • Mukhlas Triono Prodi Pend. Matematika, Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Zulkifli Zulkifli Prodi Pend. Agama Islam, Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Berpikir Kritis; Pendidikan Agama Islam; Society 5.0, Sekolah Dasar.

Abstract

Tujuan penelitian dari artikel ini adalah memaparkan pentingnya pengembangan berpikir kritis dan implementasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta kaitannya terhadap pendidikan Islam di era Society 5.0 terkusus pada sekolah dasar. Konsep berpikir kritis yang digunakan adalah teori belajar Taksonomi Bloom. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi (content analysis). Sumber data berasal dari jurnal maupun buku dalam bidang pendidikan Islam dan pengembangan berpikir kritis menggunakan konsep taksonomi bloom. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan reverensi terkait, baik secara manual maupun secara digital. Setelah data tersebut terkumpul kemudian dilakukan display, reduksi dan dikonstruksi sehingga muncul konsep baru yang utuh dan kekinian Penelitian ini menghasilkan perlunya pengembangan pembelajaran PAI pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada dan di integrasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Hal tersebut semakin mendesak sebab tantangan pendidikan pada era society 5.0 mengharuskan dunia pendidikan termasuk sekolah dasar dapat untuk menghasilkan lulusan yang tanggap terhadap teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman Jemani, M. A. Z. (2020). Tantangan Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 126–140.

Ahmad Abdullah, H. N. D. (2020). Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Islamic Resources, 17(2), 76–94.

Akinboboye, J. T., & Ayanwale, M. A. (2021). Bloom Taxonomy Usage and Psychometric Analysis of Classroom Teacher Made Test. African Multidisciplinary Journal of Development (Amjd), 10(1), 2021.

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PRODI PAI UMP TAHUN 2019 ISBN, 181–192.

Bloom, B.S., (Ed). (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goal. In Handbook I: Cognitive Domain. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives. In Taxonomy of educational objectives.

Cahyani, A. (2020). Covid-19 Outbreak and New Normal Teaching in Higher Education : Empirical Resolve from Islamic Universities in Indonesia. DINAMIKA ILMU, 20(September), 225–266. https://doi.org/10.21093/di.v20i2.2545

Churches, A. (2008). Bloom’s Taxonomy blooms digitally. In Tech & Learning.

Faulinda Ely Nastiti, A. R. N. ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66.

Huitt, W. (2011). Bloom et al.’s taxonomy of the cognitive domain. In Educational Psychology Interactive.

Jeong, Y., & Yon, Y. (2020). A Privacy Approach Model for Multi-Access to IoT Users based on Society 5.0. Journal of Convergence Information Technology, 10(4), 18–24. https://doi.org/10.22156/CS4SMB.2020.10.04.018

Khaidir, E., & Suud, F. M. (2020). ISLAMIC EDUCATION IN DEVELOPING STUDENTS ’ CHARACTERS AT AS-SHOFA ISLAMIC HIGH SCHOOL ,. ISLAMIC EDUCATION IN DEVELOPING STUDENTS’ CHARACTERS AT AS-SHOFA ISLAMIC HIGH SCHOOL, PEKANBARU RIAU, 1(1), 50–63.

Kobandaha, I. M. (2021). Harmonisasi Kebijakan Kurikulum Pendidika Islam dan Kurikulum Pendidikan Nasional. TADIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.33367/tribakti.v25i1.162

Mardhiah, I., Amaliyah, Hadiyanto, A., & Hakam, A. (2021). Developing Learning Competencies of Multicultural and Local Wisdom Values-Based Islamic Religious Education in Higher Education in Indonesia. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 5(1), 81–92.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Nurti Budiyanti, Asep Bahria, Uus Ruswandi, B. S. A. (2021). Problemetika dan Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Inovatif Volume, 7(1), 46–63.

Purnawanto, A. T. (2019). Pembelajaran PAI Berbasis High Order Thinking Skills ( HOTS ). Jurnal Ilmiah Pedagogy, 12(1), 15–30.

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 122–130.

Rasid, R., Djafar, H., & Santoso, B. (2021). Alfred Schutz’s Perspective in Phenomenology Approach: Concepts, Characteristics, Methods and Examples. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 190–201. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.18

Sadikov, R. M. (2021). The Use Of B . Bloom ’ s Taxonomy Of Educational Goals Of In The Formation Of Linguo-Methodical Competences Of Future Primary School Teachers. Journal of Contemporary Issues in Business and Government Vol., 27(1), 349–354.

Sagala, S. (2010). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. In Bandung: ALfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In Jakarta: Kencana (pp. 99–110).

Santoso, B, Inam, A., Haris, A., & Wekke, I. S. (2021). Religious Moderation and Information Communication Technology Dissemination: The Practice of Muhammadiyah Papua Through Online Campaign. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Monterrey, 20–45. https://osf.io/preprints/adfcn/%0Ahttps://osf.io/adfcn/download

Santoso, Budi. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler “Hisbul Wathan.” Istawa, 3(1), 79–91.

Sirait, S., Murniarti, E., & Sihotang, H. (2021). Implementation of Hots-Based Learning and Problem Based Learning during the Pandemic of COVID-19 in SMA Budi Mulia Jakarta. 8(2), 296–305.

Suryadi, R. A. (2019). Islamic Education in The Theological Perspective. Islamic Education in The Theological Perspective, 3(1), 29–37.

Umrzokova, G., & Pardaeva, S. (2020). Developing Teacher ` Professional Competence and Critical Thinking is A Key Factor of Increasing The Quality of Education. Mental Enlightenment Scientific-Methodological Journal, 2020(2), 66–75.

Yayuk Susilowati, Su. (2020). INTERSEKSI BERPIKIR KRITIS DENGAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Silogisme, 5(2), 62–71.

Yulianti. (2016). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TAKSONOMI BLOOM DUA DIMENSI. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 407–430.

Zuriah, N., & Rahmandani, F. (2021). Analysis of Online Learning Implementation and Student Learning Activities in the Covid-19 Pandemic Era and Its Problems. Proceedings of the 1st International Conference on Character Education (ICCE 2020), 524(Icce 2020), 167–176.

Published
2023-01-30