Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan

  • Naila Rahmatin Mazidah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Septi Budi Sartika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Keterlaksanaan Pembelajaran, CTL, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitiantinitbertujuan untuktmendeskripsikan keterlaksanaantpembelajarantdengan pendekatan CTL dan mendeskripsikan pengaruh pendekatan CTL terhadap hasilbbelajarkkognitif padaamata pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental dan desainnya menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Grabagan berjumlah 32 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel 32 siswa pada kelas V SD Negeri Grabagan. Teknikkpengumpulanndata yang digunakannadalah observasiddan tes. Instrumen penelitian yanggdigunakan yaitu lembaroobservasindan tes hasilbbelajar berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan RSP dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 3,4, (2) Perolehan N-Gain sebesar 0,5 yang terletak pada interval 0,3 ˂ N-Gain ˂ 0,7 menunjukkan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL padaamata pelajarantIPA ditkelastV SDN Grabagan dinyatakan terlaksana dan terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadapthasiltbelajartkognitif pada matatpelajarantIPA di kelastV SDN Grabagan. Padatpenelitiantini hanya meneliti pengaruhhpendekatan CTL terhadapphasil belajarkkognitif pada mataapelajaran IPA, sehingga diharapkan penelitiannselanjutnyaadapat memperluas penelitian denganavariabelayang lebih inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Naila Rahmatin Mazidah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Prodi Pendidikan Guru SD

References

Aminah. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Perpindahan Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di Kelas V SD Negeri 101500 Batu Gana. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 32–41.

Anjani, L. P. A., Putra, K. N. S., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27273

Anugreni, F., & Pulungan, M. A. (2020). Strategi peningkatan konsep matematika diskrit melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Sukabumi: CV Jejak.

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 1–9.

Fua, J. La, Lukman, A. A., & Aripin. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tabanggele, Kecamatan Anggalomoare, Kabupaten Konawe. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2), 37–54.

Herfiani, & Syarifuddin. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 462–470. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1175

Hikmawati, N. (2020). Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Materi IPA Kelas 6 MI Miftahun Najah Desa Tenonan Kecamatan Manding. Jurnal Kariman, 8(1), 89–104.

Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel IPA Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57–65.

Lawe, Y. U. (2017). Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDI Olaewa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 4(1), 67–77.

Marliani, S., Rengganis, I., & Djumhana, N. (2018). Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 35–42.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Nursamsi. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Tanakeke. Skripsi. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nuryanto, R., Kresnadi, H., & Hamdani, H. (2018). Pengaruh Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa, 7(9), 1–9.

Ratna, M. (2015). Pengaruh Metode CTL dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 114 Palembang. 6(2), 254–265.

Sarwono, J. (2015). Rumus-rumus populer dalam SPSS 22 untuk riset skripsi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran Mastery Learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Yulindaria, L., & Cahyani, I. (2017). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Gerak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(1), 33–41.

Zakiah, & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 85–100.

Published
2023-01-29