Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya yang berjumlah 16 peserta didik teknik pengambilan sampel menggunkan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data pada Uji normalitas Shapiro Wilk diketahui bahwa pretest 0,015 > 0,05 dan posttest 0,097 > 0,05. Dengan ketentuan pembagian skor N-Gain, diketahui bahwa 8 peserta didik termasuk kategori tinggi dan 8 peserta didik termasuk kategori sedang, dan rata-rata N-Gain diperoleh nilai yaitu 69,41 yang mana nilai tersebut berada diantara rentang nilai 56-76 maka dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R cukup efektif. Hasil uji paired T-tes diperoleh yaitu 0,001 yang mana nilai sig adalah <0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya.
Downloads
References
Abidin, Zainal. (2017). “Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA-6 Melalui Metode SQ3R SMA Negeri Bontonompo.” Jurnal Nalar Pendidikan 5(1): 55–63.
Azizah, Amalia Nurul. (2021). “Keefektifan Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karanglo.” Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 5(1): 47–60.
Dewi, Dian Kirana, Safrudin, Heri Setiawan, & Muhammad Makki. (2021). “Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Rumak.” Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan 1(2): 44–51.
Halimah, Andi. (2015). “Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman.” Auladuna 2(2): 201–20. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/877.
Hasan, Irna Trisma. (2017). “Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Artikel Siswa Kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Poso.” Bahasantodea 5(3): 39–47.
Herawati, Lia. (2018). “Penerapan Metode Integratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran: 51–63.
Istiqamah, and Sri Normuliati. (2019). “Pelatihan Metode Membaca SQ3R Untuk Siswa Madrasah Tsanawiah Raudhatusyubban.”PengabdianMU :Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 4(1): 24–29.
Maesaroh, Siti. (2021). “SQ3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi.” Indonesian Journal of Education and Learning 4(2): 469.
Nirmala, Sri Dewi. (2019). “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Se-Gugus 2 Purwasari Dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives Dan Model Guided Reading.” Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 10(2): 44–58.
Putri, Yudha Eka, Siti Halidjah, and Tahmid Sabri. (2019). “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar.”
Rahmi, Yulia, and Ilham Marnola. (2020). “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ).” Jurnal Basicedu 4(3): 662–72.
Rufaidah, Ida. (2021). “Hubungan Minat Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMK Yaperjasa.” Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia 10(1): 34.
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.