Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Materi Sistem Rangka Manusia dan Alat Indra Manusia Di Kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong

  • Suci Fatma Wati Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anis Alfian Fitriani Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Wisnu Wardoyo Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Modul IPA; Sistem Rangka Manusia; Alat Indra.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa valid, praktis, dan efektif hasil pengembangan modul pembelajaran IPA materi sistem rangka manusia dan alat indra manusia di kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan modul ini menggunakan model 3D dengan tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong yang berjumlah 5 peserta didik untuk skala kecil dan 25 peserta didik untuk skala besar. Instrumen yang digunakan Berupa Angket dan Hasil belajar. Angket digunakan untuk memperoleh hasil Validasi dari Validator, Sedangkan hasil belajar digunakan untuk mengukur keberhasilan penggunaan Modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data uji kevalidan, modul pembelajaran IPA ini memenuhi kategori sangat valid dengan skor rata-rata dari semua aspek penilaian yaitu 93% sehingga layak untuk digunakan. Tingkat kepraktisan modul pembelajaran IPA yang dikembangkan memenuhi kategori sangat praktis dengan perolehan nilai lembar respon guru yaitu 96% dan nilai rata-rata pada lembar respon peserta didik yaitu 77.52%. Tingkat keefektifan modul pembelajaran IPA masuk dalam kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena nilai rata-rata dari hasil belajar peserta didik yaitu 78 dan memenuhi standar klasikal sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA sangat valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrul, A., Tiro, A. R., & Risakotta, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 37-42.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Daryato. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar . Yogyakarta: Gaya Media.

Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17.

Gustinasari, M., Lufri, & Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 2354–8363.

Hamzah B.Uno dan Nurdin Mohammad. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Irawan, A. B. (2013). Pembelajaran Biologi Mengenai Sistem Rangka Manusia. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 7–13.

Mutlu, M., & Temiz, B. K. (2013). Science Process Skills of Students Having Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles. Educational Research Review, 8(11), 766–776. https://doi.org/10.5897/ERR2012.1104

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Netherlands: SLO.

Poedjiadi, Anna. (2010). Sains dan Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prayoga, T. (2016). Ajar, B., Pembelajaran Bagian, P., Pembelajaran, P., & Priambodo, Y. Teknik Penyusunan Modul Related papers langkah langkah pembuat an modul Harpaariht a Tarigan. 1–7.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Sari, R. T., Angreni, S., & Fortuna, R. A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas V Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 89.

Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 80–92.

Syefrinando, B., Suraida, S., & Parman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 39–44.

Utami Mundandar. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. h. 25

Warso, A. W. D. D. (2016). Pembuatan Buku, Modul, Diktat & Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1–7.

Published
2023-01-29