Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dengan Pendekatan Problem Solving
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan pendektaran Problem Solving. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi dengan teknik analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Jumlah subjek dari penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dalam penelitian ini melakukan kesalahan antara lain seperti Kesalahan Fakta; subjek tidak memahami istilah yang digunakan pada soal cerita, tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan yang ada pada soal. Kesalahan konsep; subjek tidak memahami Langkah-langkah penyelesaian soal cerita, dan tidak memahami bahwa bilangan pembagi yang digunakan adalah bilangan prima serta kesalahan dalam menentukan bilangan kelipatan atau faktorisasi prima. Kesalahan Operasi; subjek tidak menggunakan rumus perhitungan perkalian dari bilangan faktorisasi prima dan tidak menuliskan hasil bilangan KPK dari dua dan tiga bilangan. Serta Kesalahan Prinsip; subjek langsung menuliskan jawaban akhir tanpa menuliskan prosedur pengerjaan, tidak menuliskan kesimpulan, dan tidak memahami hubungan fakta dan konsep tentang operasi hitung yang digunakan dalam menyelesaikan soal cerita KPK
Downloads
References
Brown, J., & Kim, S. (2016). Mathematics: Identifying and Addressing Student Errors, (Online), http://iris.peabody.vanderbilt.edu, diakses tanggal 20 November 2019.
Daniel, P. (2014) FMIPA UNY. http://eprints.uny.ac.id/10777/1/p20-%2054.pdf, diakses pada 20 Agustus 2020.
Dewi, P. S. (2018). Efektivitas Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 7(1), 11–19.
Elly’s, M.M. Dkk (2015). Kemampuan Berpikir Kretif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal pedagogik ISSN: 2089-3833 Volume 4. No. 1 Februari 2015
Gendis, (2014). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB. Prosiding. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMPI) 49 Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hanafi, M & wahyudi (2015). Eksperimentasi problem Based Learning Dan Circ Dalam Menyelesaikan Soal cerita matematika Sisea kelas VC SD. Jurnal pendidikan d kebudayaan, Volume 5 Nomor 2. DOI: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p97-115
Herholdt, R. & Sapire, I. (2014). An error analysis in the early gradesmathematics – A learning opportunity?. South African Journal of Childhood Education, 4(1), 42-60. Diakses dari http://www.scielo.org.za
Ifanali. (2014). Penerapan Langkah Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan Siswa Kelas VII SMP N 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol 01, nomor 02.
Julianti. (2016) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Se-gugus Lodan Semarang Utara. UNNES: Semarang
Kemdikbud. 2013. Lampiran Permendikbud nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum pedoman umum pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5)
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah
Purba, N. E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah pada Materi FPB dan KPK
Luvia, P. F. & Janet, T. M. (2013) identifikasi kemampuan matematika dalam memecahkan masalah Aljabardi kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal MATHedunesa Volume 2 Nomor 2
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Rahmawati, T.K. (2016). An Analysis Of Students Difficultier In Solving Story Based Problems And Its Alternative Solutions. Journal of research and advances in mathematics sducution. Nomor vol.1 no.2
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.
Rubudianto. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta. PSKGJ-FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta dengan Qinan
Rudtin, N. A. (2013). Penerapan langkah Polya Dalam model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol 01, Nomor 01.
Lailli, S.M. dkk (2017). Analisis Kesulitan Sisa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Limit Fungsi. Jurnal Wacana Akademik Volume 1 no 2 Tahun 2017
Mar’atush. S. (2018) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikam soal cerita Matematuika kelas VII Mts Laboratorium UIN-SU: Medan
Solikha, M., & Nurtamam, M. E. (2021). Perbaikan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Strategi Number Head Together (Nht). 38–47.
Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.