Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Multikultural untuk Siswa SD

  • Muhammad Faizin Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Stya Rizki Handayani Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Selfiani Selfiani Prodi Pend. Bahasa Indonesia Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Modul Pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial; Multikultural

Abstract

Temuan pembelajaran IPS yang teacher-centered, penggunaan buku tema dan papan tulis nyatanya menyebabkan siswa lebih cepat bosan dan lambat memahami materi. Inovasi yang guru dapat lakukan adalah dengan mengembangkan modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pembuatan modul pembelajaran IPS berbasis multikultural untuk siswa kelas IV, bagaimana kevalidan dan kepraktisan modul tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis multikultural untuk siswa kelas IV di SD Istianah Kota Sorong. Tahapan yang dilalui antara lain: tahap analisis, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Teknik yang digunakan adalah validasi modul dan lembar angket kepraktisan. Berdasarkan validasi media oleh Dosen UNIMUDA Sorong dan validasi materi oleh guru di sekolah tersebut, didapatkan hasil validasi media yakni dengan skor keseluruhan 89, dan presentase 82%, masuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi materi dan bahasa didapatkan hasil skor keseluruhan 111, dan presentase 79%, masuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Hasil kepraktisan modul, melalui angket respon siswa dan guru (6 siswa dan 2 guru) dengan hasil presentase 71% dari siswa dan hasil presentase 73% dari guru, sehingga masuk dalam kriteria “Baik”. Berdasarkan temuan diatas, Modul yang dikembangkan bernilai valid dan praktis, dapat digunakan di SD Istianah Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Anam C, Marlina Titi. 2022. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Cahyani Rahmat A. H. 2020. Penelitian Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halqa: Islamic Education Jurnal

Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta. Depdiknas, Artikel. Tim Puslitjaknov.

Dewi, Laksami. 2018. Merancang Pembelajaran Menggunakan Pendekatan ADDIE. Jurnal UPI: Bandung.

DW, Somari. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Media Modul Di Sekolah Dasar Negeri 8 Banjar Kota Banjar Patroman. Jurnal Pendidikan: Kota Banjar.

E. S. 2017. Kelayakan Modul. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Faizin, M., & Mambrasar, O. (2022). Hubungan Kreativitas Guru dengan Minat Baca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD YPK Alfa Omega Waisai. Frasa: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 59-66.

Hanum, Farida & Raharja, Setya. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Multikultural Terintegrasi Mata

ND, Anggraini, Sudjarwo, M, Toha, BS, Jaya. 2015. Pengembangan Modul Sosiologi Berbasis Multikultural, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Lampung.

Ninik Wijiningsih, Wahjoedi, Sumarni. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan: Malang.

Puspita, Nimas. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Multikultural, Jurnal Of Educational Social Studies: Semarang.

Sugiyono, (2011). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). bandung: Alfabeta.

Yulianto, A., Mursalim, M., & Yumame, A. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintific Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 8(2)

Published
2023-01-30