Penggunaan Media Interaktif berbasis Animasi Power Point terhadap Hasil Belajar Materi Gaya dan Gerak di Sekolah Dasar

  • Nur Linda Auliah Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Indri Anugrah Ramadhani Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Interaktif; Animasi Powerpoint; Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan gerak pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 51 Kabupaten Sorong. Jenis Penelitian Ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan pendekatan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest dan Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh sehingga semua siswa menjadi sampel yakni sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes dan Dokumentasi. Instrument penelitian berupa lembar observasi, soal pretest dan postest dan pengumpulan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media animasi pada pembelajaran IPA di kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari hasil Prettest ( sebelum di beri treatmen ) di kelas IV Memiliki nilai rata-rata 35. Sedangkan hasil dari posttest ( setelah di beri treatmen ) di kelas IV Memiliki nilai rata-rata 70. hasil ini menggunakan uji t dengan hasil yang di peroleh, t hitung > t tabel dengan df = (n-1) yaitu 1,71088 > 49,585. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifkan media animasi powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik di SD Inpres 51 Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: pustaka Pelajar. Diakses 20/08/20221.

Alannasir (2016). “ pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar terhadap siswa kelas IV SD Negri mannuruki.” Skripsi. Universitas Negri Makassar. Diakses 20/08/2021.

Alannasir, W. (2018). Pengaruh Penerapan Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Sudiang. jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 28.

Anang Nugroho. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Materi Perawatan Unit Kopling Siswa Kelas 2 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk Piri 1 Yogyakarta. Yogyakarta : Skripsi UNY . diakses 6/10/2022

Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67.https://doi.org/10.29408/

fhs.v4i2.3135.

Hambali, S., Akib, E., & Azis , S. A. (2020). Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas V SD Se-Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 183.

Jalinus, N dan Ambiyar. (2016) Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Mariani, N. N., Saputra, I. M. B., & Mariana, I. M. A. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS III DI SD SARASWATI 1 DENPASAR: Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(I), 1-7.

Prim Masrokan Mutohar, D. (2020). Mutu dan Daya Saing Pendidikan Tinggi Islam, Tinjauan Kepemimpinan, Layanan, Budaya Akademik, dan Kinerja(pp. 1–219). http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15124

Purnomo, Bambang Hari. (2011). "Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroomaction research)." Jurnal Pengembangan Pendidikan 8.1 : diakses 6/10/2022.

Purwono, A., & Astuti, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Muatan IPA Subtema Benda Tunggal dan Campuran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Setia Bhakti trawas. Jurnal Program Studi PGMI, 241.

Rahman, E. P., Asrul, Fathurrahman, & Ramadhani, I. A. (2019). Pengaruh media animasi pada pembelajaran suhu dan kalor terhadap hasil IPA kelas V SD Negeri 14 Waigama. Jurnal Pendidikan.

Sinta, S., Disurya, R., & Ayu, I. R. (2022). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Journal on Teacher Education, 4(2), 731-744.

S Sutirman. (n.d.) (2022). Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. Journal.Uny.Ac.Id. Retrieved October 3, from https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/3800

Sugiyono (2007), Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta), diakses 6/10.

Published
2023-01-31