Pengaruh Alat Peraga Mobil Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 6 Klablim

  • Alman Alman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Julisa Palaribato Pulung Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Heny Sri Astutik Program studi Pendidikan Matematika, Universitas pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Alat Peraga Mobil Garis Bilangan; Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga mobil garis bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan bulat peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study Design. Data menunjukkan rata-rata skor observasi guru (peneliti) dan peserta didik sebesar 100%  dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata – rata posttest 69,13. Uji normalitas hasil belajar postest peserta didik memiliki taraf signifikansi 0,200 > 0,05. Uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,712 dengan dk = n – 1 (23-1=22) diperoleh ttabel  sebesar 1.717. Berdasarkan hasil analisi data nilai yaitu thitung > ttabel (3.712 > 1.717), dengan besarnya taraf signifikansi 0,05, yakni (0,001 < 0,05) maka Hipotesis diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh alat peraga mobil garis bilangan terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada peserta didik kelas VI SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-28