Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Talking Stick dengan Media Pohon Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat

  • Rahmah Kumullah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Andi Matappa
  • Ahmad Yulianto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Talking Stick; Pohon Matematika; Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media pohon matematika pada peserta didik kelas V Sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 23 Tanete sebanyak 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Topik penelitian yaitu operasi hitung pada bilangan bulat. Tekhnik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, observasi kegiatan guru dan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 69,14% dan meningkat signifikan pada siklus II sebesar 86,53%.  Selanjutnya, rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dari hasil evaluasi akhir siklus I sebesar 60,42% meningkat signifikan pada siklus II sebesar 88,00%. Selain peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik, terdapat pula rata-rata perolehan untuk aktivitas guru dan peserta didik juga meningkat setiap tindakan dari setiap siklus pada siklus I dan II yaitu rata-rata aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 67,95% meningkat signifikan pada siklus II sebesar 89,10%. Selanjutnya, rata-rata aktivitas peserta didik dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 55,13% meningkat signifikan pada siklus II sebesar 82,05%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cahyaningsih, U,. & Anik, G. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter 6 (1).
Djiwandono, P. I. 2013. Critical Thinking Skills for Lenguage Students. TEFLIN Journal, Volume 24, Number 1.
Gokhale, A. A. 2002. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. http:// scholar. lib. vt. Edu/ enjournals/ JTE.
Hassoubah, I. Z.. 2004. Developing Creatif and Critical Thinking Skill (Cara Berpikir Kreatif dan Kritis). Nuansa: Bandung.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kumullah, R., Djatmika, E. R., & Yuliati, L. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa dengan Problem Based Learning pada Materi Sifat Cahaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3 (12). 1583-1586
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2013 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jaringan dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (Online), (http://sdm.data.kemdikbud.go.id),
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto. 2013. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Cetakan kedua. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Redhana, I. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran XXXVI. II: 11-21.
Sa’dijah, C. 2013. Kepekaan Bilangan Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20 (2).
Sa’dijah, C., dan Wahyuningsih, S. 2004. Pembelajaran Matematika yang Berbasis Pendekatan Problem Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa SLTP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1): 39-48.
Smaldino, Lowter, dan Russel. 2011. Intructional Technology & Media for Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: UM Press.
Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahidmuini. 2010. Pengembangan Kurikulum: IPS Ekonomi di Sekolah Madrasah. Malang: UIN-Maliki Press.
Yulianto, A., Asrul., Amirah, S. 2018. Proses Pembelajaran Operasi Pengurangan Berbantuan Media Tabung Pengurangan Pada Kelas I SDN Mojolangu 3. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar: Dikdas Matappa. 1 (2). 158-165.
Published
2020-07-23