Pengaruh Model Guided Note Taking (GNT) Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Mata Pelajaran PPkn Kelas V SD Negeri 26 Kota Sorong

  • Ahmad Yulianto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Elfira Mahmud Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Rahmah Kumullah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Andi Matappa
Keywords: model pembelajaran, GNT, kecerdasan emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh  model pembelajaran GNT terhadap kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri 26 Kota Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 26 Kota Sorong tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 47 siswa, dimana kelas V A sebanyak 24 siswa dan kelas V B sebanyak 23 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling  yaitu nonprobability sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan soal.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran GNT dengan kecerdasan emosional siswa kelas V SD negeri 26 Kota Sorong. Hal ini ditunjukan oleh nilai thitung = 3,515, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,014. Karena thitung > ttabel (3,515 > 2,014). Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pada model pembelajaran GNT terhadap kecerdasan emosional siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-15