Peningkatan Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Strategi Pembelajaran Time Token Kelas IV SD Negeri 2 Kotayasa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar pada peserta didik melalui Strategi Pembelajaran Time Token di Kelas IV SD Negeri 2 Kotayasa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. PTK ini dilakukan selama 1 siklus dan satu pertemuan. Pembelajaran ini di lakukan sesuai dengan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). Penelitian ini dirancang dari beberapa tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dari penelitian ini yaitu kelas IV A SD N 2 Kotayasa dengan jumlah siswa kelas IV A yaitu 26 peserta didik. terdiri 12 anak lai-laki dan 14 perempuan. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik non tes yaitu Observasi ( lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik. lembar observasi sikap percaya diri), angket, dokumen. Hasil PTK ini dengan satu siklus menghasilkan peningkatan sikap rasa percaya diri peserta didik di kelas IV SD N 2 Kotayasa. Peserta didik. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan belajar Bahasa Indonesia 50% dengan kriteria cukup, ketuntasan belajar PPKn 73% dengan kriteria baik, dan ketuntasan belajar IPS 69% dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan strategi time token dapat meningkatkan prestasi belajar dan percaya diri peserta didik.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.