Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

  • Gabriela Rosalia Syatauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nouval Rumaf Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan; Permainan Kartu Huruf; Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui permainan kartu huruf dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Inpres 16 Kabupaten Sorong yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan desskriptif kualitatif. Proses pembelajaran siklus I guru menerapkan permainan kartu huruf. Siklus II guru menerapkan permainan kartu huruf dan diskusi kelompok. Pada siklus III guru masih menggunakan permainan kartu huruf dan diskusi kelompok. Hasil siklus I keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan dari hasil pratindakan nilai rata-rata 57 meningkat menjadi 60, dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 76%. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 64 dan siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 92%. Siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 71 dengan nilai ketuntasan siswa 96%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-22