Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SD Negeri 02 Badak
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan metakognitif siswa kelas 5 dalam proses pembelajaran jarak jauh di SD Negeri 02 Badak. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian yaitu guru, wali siswa, dan siswa kelas 5 dengan metodeĀ pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakanĀ yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran jarak jauh dalam rangka membentuk keterampilan metakognitif siswa dengan guru memberikan teknik pembelajaran kepada siswa untuk membentuk keterampilan metakognitif siswa, mempersiapkan materi yang akan dijelaskan kepada siswa, pengalaman belajar yang bermakna, serta memberikan proses pembelajaran jarak jauh yang menarik untuk membentuk keterampilan metakognitif siswa. Keterampilan metakognitif siswa, guru harus bisa menggunakan beberapa indikator yang menjadi faktor penunjang untuk membentuk keterampilan metakognitif siswa seperti mengidentifikasi tugas yang sedang dikerjakan, mengawasi kemajuan pekerjaan tugas siswa, mengevaluasi kemajuan pekerjaan siswa, serta memprediksi hasil yang akan diperoleh siswa. Keterampilan metakognitif siswa kelas 5 di SD Negeri 02 Badak mempunyai 3 kategori yaitu siswa yang mempunyai keterampilan metakognitif baik, siswa yang mempunyai keterampilan metakognitif sedang, dan siswa yang mempunyai keterampilan metakognitif rendah.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.