Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis E-Learning Tema 8 Bumiku Kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor

  • Arbania Romadonna Amanda Jessica Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Harmianto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Literasi Digital; Pembelajaran Kurikulum 2013; E-Learning.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses penerapan literasi digital berbasis e-learning, kendala dan solusi yang diberikan pada proses pembelajaran kurikulum 2013 di kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Tenik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kegiatan literasi digital berbasis e-learning sudah diterapkan di SD Negeri 2 Purbalingga Lor selama 2 tahun. Penerapan kegiatan literasi digital tersebut juga mengalami beberapa kendala dalam proses pelaksanaannya, diantara lain yaitu koneksi atau jaringan internet yang tergangguan, tidak semua peserta didik dapat membawa handphone masing-masing, waktu pengerjaan soal yang terbatas dan fokus peserta didik yang terbagi dengan alat elektronik yang digunakan. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut terdapat solusi yang inovatif, yaitu membuat sistem pembelajaran menjadi 2 sesi sehingga peserta didik dapat saling pinjam meminjam (bergantian) menggunakan handphone, memaksimalkan jaringan internet, dan peserta didik akan menjawab soal sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Penerapan literasi digital dalam proses pembelajaran berbasis e-learning di kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor yang sudah di terapkan selama 2 tahun, memberikan dampak yang positif karena peserta didik merasa senang dan antusias untuk mengikuti proses pembelajaran..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M dan Asrori. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Di Era 4.0: Tantangan Dan Harapan. Fkip E-Proceeding, 151-160.

Creswell, W.John. (2013). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Grafura, L dan Ari, W. (2019). Spirit Pedagogi di Era Disrupsi. Yogyakarta: Laksana

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Khasanah, U dan Herina. (2019). Membangun Karakter Peserta didik Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implemantasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasional, T. G. L. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Noor, M E, Wahyu, dan Hari. (2017). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wangid, M N dkk. (2014.) Kesiapan Pendidik Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2. Nomor 2.

Yustanti I dan Dian. 2019. Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang. 12 Januari 2019. Hal 999-1015.

Published
2020-07-31