PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED INQUIRY LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 11 KABUPATEN SORONG
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih
rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kabupaten
Sorong yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning
dengan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Guided
Inquiry Learning. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen bentuk quasi experimental
dengan desain penelitian nonequivalent pretes-posttes kontrolgrup design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan mengambil dua kelas sebagai
sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan terdiri dari kelas eksperimen I dan
kelas eksperimen II. Pengumpulan dalam penelitian ini melalui teknik tes dan lembar
observasi keterlaksanaan Pembelajaran. Untuk menganalisis data digunakan statistik
deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan ujit pada taraf signifikan 0,05, dengan melihat perbedaan signifikan hasil belajar dari kedua
kelas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Tidak terdapat perbedaan
signifikan hasil belajar matematika antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran
dengan model Problem Based Learning dan Guided Inquiry Learning siswa kelas VII SMP
Negeri 11 Kabupaten Sorong. Diperoleh uji kesamaan rata-rata dengan bantuan software
statistic. Analisis data hasil uji t menunjukkanya itu ݐ௧௨ 1,295 < ݐ௧ 2,012
dengandiperolehhasilsig. (2-tailed)adalah 0,202. Karena 0,202 > 0,05maka ܪditerima dan
ܪଵ ditolak.