KESALAHAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KESEBANGUNAN KELAS IX DI MTs AZ ZIKRA KOTA SORONG

  • Dewinta Indriany Rappa
  • Syamsulrizal Syamsulrizal

Abstract

Soal cerita merupakan salah satu
bentuk soal yang menyajikan permasalahan terkait dengan kehidupan sehari-hari
dalam bentuk soal cerita. Pada umumnya, pengerjaan soal cerita dinyatakan dalam
bentuk uraian. Kesalahan konsep adalah kesalahan peserta didik dalam
menafsirkan dan menggunakan konsep matematika kesalahan merupakan
penyimpangan terhadap hal yang benar yang sifatnya sistematis, konsisten,
maupun insedental pada daerah tertentu.
Kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soa matematika berkaitan dengan
kesalahan peserta didik dalam menggunakan dan menerapkan langkah-langkah
dalam menyelesaikan soal matematika. Kesalahan-kesalahan peserta didik dapat
terjadi karena peserta didik tidak memahami soal dengan baik dan tidak teliti
dalam melakukan perhitungan. Adapun permasalahan yang didapat peserta didik
kelas IX disekolah MTs Az Zikra Kota Sorong masih 20% yang paham tentang
soal cerita kesebangunan (5 peserta didik yang paham dari 25 peserta didik) dan
80% yang masih belum paham tentang soal cerita kesebangunan (20 peserta didik
yang belum paham dari 25 peserta didik).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
studi kasus. Studi kasus bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep peserta
didik dalam menyelesaikan soal cerita kesebangunan. subjek dalam penelitian ini,
peneliti menggambil 6 peserta didik dengan pertimbangan atau rekomendasi dari
guru mata pelajaran. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
meliputi tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada
model Milles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Dari indikator kesalahan konsep yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan
membuat rencana, kesalahan dalam melaksanakan atau menyelesaikan model
matematika. Berdasarkan hasil penelitian dari keempat indikator kesalahan konsep
bahwa indikator kesalahan memahami soal yaitu sebagian besar peserta didik
tidak memahami soal ini terlihat dari hasil jawaban subjek yang tidak dapat
menerapkan konsep kesebangunan dengan benar, indikator kesalahan membuat
rencana yaitu Sebagian besar peserta didik tidak dapat menulis atau menentukan
apa yang diketahui dan apa yang ditanya pada soal, indikator kesalahan
melaksanakan atau menyelesaikan model matematika yaitu sebaian besar peserta
didik tidak dapat melaksanakan model matematika dengan benar atau tidak
menggunakan perbandingan kesebangunan, dan indikator kesalahan menulis atau
menyatakan jawaban akhir soal yaitu sebagian besar peserta didik salah dalam
menulikan jawaban akhir pada keempat soal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-30