ANALISIS VISUALISASI TEORI VAN HIELE DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP IT AL-GHUROBA

  • Kanisius Dore Lemau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri peserta didik pada level visualisasi berdasarkan Teori Van Hiele pada materi segitiga kelas VII SMP IT Al-ghuroba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP IT Al-ghuroba sebanyak 3 orang dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan posttest berbentuk soal uraian sebanyak 3 nomor dan wawancara. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa pemahaman pemecahan masalah pada subjek level visualisasi siswa dengan kemampuan tinggi yaitu siswa mampu menggambarkan bentuk bangun secara benar dengan sisi tegak dan bentuk garis sesuai penampakannya, siswa mampu membedakan antara dua bentuk bangun segitiga yang berbeda dengan memberikan nama bangun segitiga, siswa mampu menghitung jumlah bangun ≥ 7 dan mampu memberi nama dari bentuk bangun.

Pemahaman pemecahan masalah pada subjek level visualisasi kemampuan sedang yaitu siswa mampu menggambarkan bentuk bangun secara benar dengan sisi tegak dan bentuk garis sesuai penampakannya, siswa mampu membedakan antara dua bentuk bangun segitiga yang berbeda dengan memberikan nama bangun segitiga, siswa mampu menghitung ˂ 7 atau hanya mampu memberi nama dari bentuk bangun bangun.

Pemahaman pemecahan masalah pada subjek level visualisasi dengan kemampuan rendah yaitu siswa mampu menggambarkan bangun dengan kemiripan pola yang sama namun dengan sisi yang kurang tegak, siswa mampu membedakan antara dua bentuk bangun segitiga yang berbeda dengan memberikan nama bangun segitiga, siswa mampu menghitung ˂ 7 atau hanya mampu memberi nama dari bentuk bangun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-04