LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA KONTEN QUANTITY

  • Nur Rokhima
  • Dwi Pamungkas
  • Ahyat Nurhayati

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk menganalisis literasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang menghasilkan deskripsi mengenai kemampuan literasi siswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dan didasarkan dari tingkat kemampuan siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tiga soal PISA 2012 pada konten Quantity yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan wawancara. Teknik keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Diperoleh persentase siswa yang memenuhi proses literasi merumuskan (formulate) adalah 66, 67%, proses literasi menerapkan (employ) 33,33%, dan proses literasi menafsirkan (interpret) 66, 67%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-17