IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH AIMAS

  • Syamsulrizal Syamsulrizal
  • Herlina Sinaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan guided inquiry learning ditinjau dari motivasi belajar, dan hasil belajar matematika mahasiswa program studi pendidikan matematika.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah Aimas. Instrumen yang digunakan adalah soal uraian, angket motivasi belajar, dan lembar observasi. Hasil uji coba instrument penelitian menujukan bahwa soal pretest dan posttes serta angket motivasi reliable dan valid. Hasil analisis data sebelum perlakuan menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji multivariate menunjukan tidak terdapat perbedaan vektor rerata pembelajaran berdasarkan masalah dengan pembelajaran langsung ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa sebelum perlakuan. Hasil penelitian adalah: 1) Guided Inquiry Learning efektif ditinjau pada aspek  motivasi, dan hasil belajar siswa ; 2) Guided Inquiry Learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvesional ditinjau pada aspek motivasi, hasil belajar Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-24