PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen HOTS dalam
pembelajaran matematika untuk peserta didik kelas VIII di SMP. Tujuan penelitian ini
adalah (1) mengembangkan instrumen HOTS di SMP.; (2) memvalidasi instrumen
HOTS melalui validasi ahli dan guru. Validasi ahli dilakukan dengan
mengkonsultasikan rancangan produk pengembangan kepada dosen ahli. Validasi guru
dilakukan berdasarkan revisi. Penelitian ini menggunakan model Design Based
Research. Pengembangan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu 1) identifikasi dan analisis
masalah oleh peneliti peneliti dan praktisi secara kolaboratif 2) mengembangkan solusi
yang didasarkan pada teori, design principle yang ada dan inovasi teknologi 3)
melakukan proses berulang untuk menguji dan memperbaiki solusi secara praktis 4)
melakukan refleksi untuk menghasilkan design principle serta meningkatkan
implementasi dari solusi. Hasil penelitian berupa 1) 15 butir soal HOTS; 2) validasi
oleh para ahli menyatakan sangat valid dengan perolehan skor penilaian oleh ahli
materi sebesar 4,4 dengan kategori sangat baik dan ahli bahasa sebesar 5 dengan
kategori sangat baik, sedangkan dalam validasi guru rata-rata perolehan skor penilaian
sebesar 4,3 dengan kategori sangat baik.