ANALISIS MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MA NEGERI INSAN CENDEKIA SORONG PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Riskawati Riskawati
  • Mukhlas Triono
  • Syamsulrizal Syamsulrizal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan kemandirian belajar peserta didik kelas XII IPA 2 dalam pembelajaran matematika secara daring di MA Negeri Insan Cendekia sorong pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa minat dan kemandirian belajar peserta didik dapat ditinjau dari beberapa indikator. Indikator minat belajar yaitu: ketertarikan, konsentrasi/perhatian dalam belajar, motivasi dan pengetahuan. Indikator kemandirian belajar yaitu: tanggung jawab, percaya diri, mampu mengontrol diri, mengevaluasi diri dan kesadaran untuk belajar mandiri. Minat dan kemadirian belajar dapat diperoleh berdasarkan tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang berkemampuan rendah memiliki minat belajar yang rendah dan memiliki kemandirian belajar yang rendah dan sedang. Peserta didik yang berkemampuan sedang memiliki minat belajar yang sedang dan tinggi dan memiliki kemandirian belajar yang sedang. Peserta didik yang berkemampuan tinggi memiliki minat belajar yang sedang dan tinggi dan memiliki kemandirian belajar yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-31