PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BARISAN DAN DERET PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 MALUKU TENGAH

  • Safarin Zurimi Universitas Darussalam Ambon
  • Darwin Darwin
  • Yati Tuasamu
  • Norce Rupiasa

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti pada sekolah SMK Negeri 11 Maluku Tengah, pada tanggal 25 mei  2021 dengan guru mata pelajaran matematika, bahwa masih banyak kekurangan dalam metode pembelajaran matematika yaitu, metode penyampaian materi hanya berlangsung satu arah atau dikenal dengan metode ceramah, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika siswa masih banyak di bawah nilai KKM, sehingga peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar materi barisan dan deret.

Penelitian yang dilakukan merupakan suatu penelitian dengan jenis penelitian eksperimen (experimen) karena tidak semua variabel yang muncul dalam kondisi eksperimen dapat diatur dan dikontrol secara ketat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI1 SMK Negeri 11 Maluku Tengah tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 siswa dengan pengambilan sampel jenuh.  Penelitian yang dilakukan terhitung mulai tanggal 30 mei – 30 juni 2021. Dengan menggunakan data analisis regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 56.67 dan nilai rata-rata pada tes akhir adalah 80.73. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh thitung -0.1225 < ttabel 2.048, berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-20