ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DI MTs NEGERI SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang berdasarkan teori van hiele di MTs Negeri Sorong. Jenis penenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara Tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang ditinjau dari beberapa indikator. Indikator tingkat berpikir van hiele terdiri dari 5 yaitu : 1) tingkat 0 (visualisasi), (2) tingkat 1 (analisis), (3) tingkat 2 (deduksi informa), (4) tingkat 3 (deduksi), dan (5) tingkat 4 (rigor) . Kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan teori van hiele diperoleh berdasarkan tiga kategori yaitu Tinggi, Sedang, Rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) subjek pada kemampuan rendah tidak mencapai Tingkat 0 (visualisasi), 2) subjek pada kemampuan sedang mencapai Tingkat 1 (Analisis) , dan 3) subjek pada kemampuan tinggi berada pada Tingkat 4 (Rigor).