PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bungo. Metode dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest Posttest. Dipilih kelas VII 3 dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pretest dan posttest (tes akhir). Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji paired t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Dapat diartikan terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika social pada kelas VII 3 SMP Negri 2 Bungo.