HUBUNGAN KPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI
Abstract
: Kurangnya rasa percaya diri dan kemampuan memahami konsep yang masih rendah dari siswa kelas XI MIPA 1 SMAN menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Muara Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Menurut Creswell (2014) penelitian kuantitatif korelasional adalah penelitian yang menggunakan metode statistik yang mengukur pengaruh antara dua variabel atau lebih. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri dan tes pemahaman konsep. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling .Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan berbantuan SPSS. Berdasarkan analisis data koefisien regresi, tingkat signifikansi skor kuesioner adalah r = 0,662*, karena koefisisen regresi positif maka ada pengaruh positif kepercayaan diri siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri siswa dengan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata Kunci : Kepercayaan Diri,Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis,Hubungan.