ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERHADAP MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

  • Tasya Aulia Faisal Mahasiswa pendidikan matematika, fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, UINSU
  • Nur Elisah Nasution Mahasiswa Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Uinsu
  • Rindi Fatmawati Mahasiswa pendidikan matematika, fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, UINSU
  • Fatimah Zahra Mahasiswa pendidikan matematika, fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, UINSU
  • Siti Salamah Br Ginting Dosen pendidikan matematika universitas Islam negeri sumatera utara
Keywords: kesulitan, teorema phytagoras, matematika, gender

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui dimana letak

kesulitan seorang murid dalam mengerjakan soal latihan theorema pytagoras,

penelitian ini dilakukan tujuannya agar mendeskripsikan sulitnya pengalaman

murid dalam pengerjaan latihan pada materi theorema pytagoras yang dengan

begitu pendidik akan mengevaluasi cara pengajarannya dengan menekankan pada

kesulitan yang biasa terjadi pada siswanya. Penelitian ini memakai metode teliti

kualitatif deskriptif. Penelitian ini ialah pada murid kelas 8 UPT SMP Negeri 35

Medan yaitu sebanyak 24 orang siswa. Data yang didapat dianalisis dengan

metode mengumpulkan pendataan dan analisis, reduksi pendataan, sajian data,

secara sistematis serta pengambilan simpulannya terhadap temuan telitian.

Penginstrumenan teliti memakai yakni uji latihan soal, wawancara serta

dokumentasi jawaban. Nilai temuan telitian menyimpulkan mengenai sulitnya

yang dialami murid pada materi teorema phytagoras yakni sulit pada menganalisis

pengkosepan matematika dan memahaminya. Melalui penelitian ini, kami

menyarankan agar siswa dapat sering melatih dalam mengerjakan pertanyaan

latihan berbentuk soal cerita dan guru juga menekankan pembelajaran dibagian

kesulitan yang dialami serta motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-26