ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERHADAP MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui dimana letak
kesulitan seorang murid dalam mengerjakan soal latihan theorema pytagoras,
penelitian ini dilakukan tujuannya agar mendeskripsikan sulitnya pengalaman
murid dalam pengerjaan latihan pada materi theorema pytagoras yang dengan
begitu pendidik akan mengevaluasi cara pengajarannya dengan menekankan pada
kesulitan yang biasa terjadi pada siswanya. Penelitian ini memakai metode teliti
kualitatif deskriptif. Penelitian ini ialah pada murid kelas 8 UPT SMP Negeri 35
Medan yaitu sebanyak 24 orang siswa. Data yang didapat dianalisis dengan
metode mengumpulkan pendataan dan analisis, reduksi pendataan, sajian data,
secara sistematis serta pengambilan simpulannya terhadap temuan telitian.
Penginstrumenan teliti memakai yakni uji latihan soal, wawancara serta
dokumentasi jawaban. Nilai temuan telitian menyimpulkan mengenai sulitnya
yang dialami murid pada materi teorema phytagoras yakni sulit pada menganalisis
pengkosepan matematika dan memahaminya. Melalui penelitian ini, kami
menyarankan agar siswa dapat sering melatih dalam mengerjakan pertanyaan
latihan berbentuk soal cerita dan guru juga menekankan pembelajaran dibagian
kesulitan yang dialami serta motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam belajar.