EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP
Abstract
Penelitian quasi eksperimen ini yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis dan gaya belajar peserta didik. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri Sorong yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL tidak lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis, dimana nilai P-value diperoleh lebih besar dari α = 0,05 atau (0,429 > 0,05). (2) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan pemahaman matematis dalam model pembelajaran PBL jika ditinjau dari gaya beajar visual, auditorial dan kinestik. (3) hasil belajar kemampuan pemahaman matematis kelas eksperimen mendapat rata-rata visual sebesar 79, audiitorial sebesar 70 dan kinestik sebesar 47, sedangkan untuk kelas kontrol mendapat rata-rata visual sebesar 75, auditorial sebesar 73 dan kinestik sebesar 57.